Sukses

Cristiano Ronaldo Kembali Pakai Jersey Legend di MU, Apa Makna Spesial di Balik Nomor 7?

Apa yang menarik dari nomor 7, angka kesukaan Cristiano Ronaldo?

Liputan6.com, Jakarta - Pesepakbola Cristiano Ronaldo resmi kembali bergabung dengan klub Manchester United (MU). Bahkan Ronaldo pun akan kembali memakai nomor punggung 7, nomor yang identik dengan dirinya pada periode pertama berlaga bersama MU.

Dalam sejarah MU, nomor 7 merupakan jersey spesial. Sebelum Cristiano Ronaldo, nomor punggung 7 pernah dipakai ikon klub seperti George Best, Bryan Robson, Eric Cantona, hingga David Beckham, seperti dikutip dari Bola Liputan6.com pada Jumat, 10 September 2021.

Cristiano Ronaldo sendiri ketika merumput bersama MU membuat 292 penampilan dengan jersey bernomor 7. Dia mencetak 118 gol serta memenangkan sembilan trofi, termasuk tiga gelar juara Liga Inggris dan satu Liga Champions.

Sederet prestasi yang dicetak Cristiano Ronaldo serta pemain MU yang pernah mengenakan jersey nomor 7 seolah semakin mengukuhkan betapa spesialnya angka tersebut.

Pada kenyataannya, dari sekian banyak angka, tampaknya 7 paling menarik perhatian. Mengutip laman Psychology Today, angka 'kesayangan' Cristiano Ronaldo terkadang dikaitkan dengan hal-hal mistis, spiritual, dan tahayul.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Alasan Angka 7 Menarik Perhatian

Berikut alasan angka 7 begitu menarik perhatian.

1. 7 itu ajaib

Kaitan antara angka 7 dan konsep relijius serta spiritual telah ada sejak berabad lalu, mulai dari konsep 7 dosa besar hingga konsep langit ke-7.

2. 7 itu beruntung

Dalam dunia perjudian, 7 selalu dikaitkan dengan angka keberuntungan. Selain itu, otak kita juga selalu mengaitkan secara positif angka tersebut dengan keberuntungan.

3. 7 adalah pilihan yang pas

Ketika akan memutuskan jumlah tertentu, di mana 5 sepertinya kurang, dan 9 terlalu banyak, maka 7 adalah pilihan yang terbaik.

4. 7 muncul dalam fenomena alam

Ada 7 samudera di dunia, 7 benua, 7 warna dalam pelangi, serta 7 hari dalam seminggu.

 

3 dari 4 halaman

Makan di Balik Angka 7

5. 7 terdengar menyenangkan

Komentator NPR Frank Deford mengungkap, 7 adalah satu-satunya angka yang memiliki dua suku kata (silabel) - dalam bahasa Inggris. Sehingga ketika diucapkan terdengar menyenangkan.

6. 7

Penelitian psikolog George Miller menunjukkan bahwa ingatan jangka pendek kita bekerja dengan cara membagi dalam 7 lebih dua atau 7 kurang dua. Kita dapat mengingat begitu banyak daftar kata, pekerjaan, atau fakta jika menyusunnya dalam 5 atau 9 bagian, namun idealnya 7 bagian.

7. 7 adalah angka favorit sistem saraf

Selama bertahun-tahun, para ilmuwan dibuat kagum dengan alasan di balik teori Miller. Sebuah studi pada 2008 terhadap neuron di dalam bagian input memori otak, hipokampus menunjukkan bahwa bagian tersebut memproduksi informasi terbaik ketika bagian-bagian dendrit (cabang-cabang dari Neuron yang menerima stimulasi) dibagi menjadi 7.

Mungkin kita bisa mengingat materi dengan lebih baik jika dibagi dalam 7 bagian karena otak bisa menyimpan ingatan secara baik dengan cara itu.

4 dari 4 halaman

Infografis Performa Cristiano Ronaldo

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Cristiano Ronaldo merupakan pemain sepak bola asal Portugal. Ronaldo kini bergabung dengan tim Real Madrid.
    Cristiano Ronaldo merupakan pemain sepak bola asal Portugal. Ronaldo kini bergabung dengan tim Real Madrid.

    Cristiano Ronaldo

  • MU merupakan akronim dari Manchester United, klub yang berlaga di kasta tertinggi sepak bola Inggris, Permier League.

    MU

  • Manchester United, salah satu klub papan atas Liga Inggris. MU adalah klub tersukses di sejarah Liga Inggris modern
    Manchester United FC adalah klub sepak bola profesional yang berbasis di Old Trafford, Manchester Raya. MU bermain di liga utama Inggris.

    Manchester United

  • Liga Inggris atau lebih dikenal dengan Liga Primer Inggris merupakan kompetisi utama di Inggris yang diikuti 20 tim untuk mendapatkan gelar

    Liga Inggris

  • Liga Champions merupakan kompetisi sepak bola antar klub di benua Eropa
    Liga Champions merupakan kompetisi sepak bola antar klub di benua Eropa

    Liga Champions

  • Angka 7

  • jersey

  • Ronaldo