Sukses

Tua Itu Pasti tapi 5 Tips Ini Bisa Bikin Awet Muda

Banyak cara bisa ditempuh untuk memeroleh awet muda di usia tua

Liputan6.com, Jakarta - Tubuh yang selalu muda mungkin hanya ada di film. Namun, semua orang di dunia ini berharap awet muda. Anda sebenarnya bisa mencegah penuaan dengan melakukan gaya hidup

Laman Eat This merinci beberapa gaya hidup yang membuat tubuh Anda tetap awet muda:

1. Berhenti minum soda

Sebuah penelitian di University of California-San Francisco menemukan bahwa orang yang mengonsumsi lebih banyak minuman manis, seperti soda, memiliki telomer yang lebih pendek, bagian dari sel kita yang menyimpan DNA.

Telomer menjadi lebih pendek seiring bertambahnya usia, ketika telomer terlalu pendek, mereka mati.

"Konsumsi soda manis secara teratur dapat mempengaruhi perkembangan penyakit metabolik melalui penuaan sel yang dipercepat," tulis penulis studi tersebut. Awet muda pun hanya menjadi mimpi saja.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

2. Kurangi gula

Gula dapat membuat Anda terlihat lebih tua. Kulit kita didukung dua senyawa, kolagen dan elastin, yang membuatnya tampak montok dan awet muda.

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Clinical Dermatology, ketika Anda mengonsumsi gula dengan kadar tinggi, maka ia mengikat asam amino dalam kolagen dan elastin, merusaknya dan menghalangi upaya tubuh untuk memperbaikinya.

 

3 dari 5 halaman

3. Mengurangi stres

Usahakan untuk mengurangi stres, tak hanya mengurangi gula. Harvard Medical School melaporkan bahwa stres kronis juga dapat memperpendek telomer. Telomer tidak hanya memperpendek proses penuaan secara literal, tetapi orang dengan telomer yang lebih pendek berisiko terkena penyakit serius termasuk penyakit jantung dan kanker.

4. Minum alkohol secukupnya

Alkohol membuat tubuh dehidrasi dan menyebabkan peradangan. Ini menjadi dua jalan pintas untuk terlihat lebih tua.

Sebuah studi tahun 2019 terhadap lebih dari 3.200 wanita menemukan bahwa orang yang minum lebih dari delapan minuman alkohol seminggu memiliki lebih banyak "garis wajah bagian atas, bengkak di bawah mata, rongga mulut, kehilangan volume wajah bagian tengah, dan pembuluh darah. daripada wanita yang minum dalam jumlah sedang atau tidak sama sekali. semua.

 

4 dari 5 halaman

5. Tidur yang cukup

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Clinical and Experimental Dermatology, wanita yang mengaku sering tidur berkualitas memiliki "pemulihan penghalang kulit" 30% lebih baik dan "penuaan kulit intrinsik yang jauh lebih rendah", daripada wanita yang melaporkan kurang tidur.

Para ahli merekomendasikan untuk tidur tujuh hingga sembilan jam setiap malamnya agar berkualitas.

5 dari 5 halaman

INFOGRAFIS: Daftar Pelaku Teror Usia Muda

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.