Sukses

Dokter Kulit Bocorkan 7 Cara Cepat Hilangkan Jerawat Punggung

Ragam cara menghilangkan jerawat punggung dengan cepat menurut para ahli.

Liputan6.com, Jakarta - Jerawat punggung biasanya muncul ketika sebum berlebih, bakteri, dan sel kulit mati menumpuk di pori-pori, menyebabkan kemerahan, peradangan, dan noda---mirip dengan jerawat wajah.

Namun, perubahan hormonal dan kebiasaan sehari-hari seperti pilihan makanan dan pakaian juga dapat jadi pemicu munculnya masalah jerawat punggung.

Berikut adalah beberapa tips cara menghilangkan jerawat punggung, dilansir dari Good Housekeeping, Selasa (28/9/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Menghilangkan Jerawat Punggung

1. Ganti Seprei Anda

Cara mudah menghilangkang jerawat punggung adalah dengan mengganti seprai Anda sekitar sekali seminggu atau lebih.

Menurut dokter kulit bersertifikat di Riverchase Dermatology di Florida, Dr. Chimento, mengganti seprai Anda sering bermanfaat karena sel-sel kulit mati dan bakteri dapat dengan mudah menumpuk di atasnya sepanjang malam dan mengiritasi kulit.

2. Jaga Kebersihan Rambut

Rambut panjang yang tergerai hingga ke punggung ternyata bisa meningkatkan risiko terbentuknya jerawat punggung. Hal ini dikarenakan kotoran dan minyak pada rambut dapat menyumbat pori-pori kulit di punggung.

Oleh karena itu, jika Anda memiliki rambut yang panjang, Anda disarankan untuk lebih sering mengikat rambut saat beraktivitas dan keramas secara teratur.

3. Rutin Ganti Pakaian

Jenis pakaian tertentu dapat memicu timbulnya jerawat pada punggung. Hal itu karena pakaian ketat dapat mendorong minyak atau bakteri lebih dalam ke pori-pori, dan gesekan dari pakaian olahraga yang ketat seperti bra olahraga atau legging dapat semakin mengiritasi folikel rambut dan menyebabkan benjolan merah.

Jika bisa, gunakan bahan yang menyerap keringat seperti katun atau bahan yang menyerap kelembapan. Pastikan untuk selalu mandi setelah berkeringat untuk menghindari risiko penyumbatan pori-pori.

3 dari 5 halaman

Menghilangkan Jerawat Punggung

4. Oleskan Obat Jerawat

Jerawat di punggung bisa diatasi dengan obat jerawat yang bisa dibeli bebas, seperti obat jerawat yang mengandung asam glikolat, asam salisilat, atau benzoil peroksida.

Obat-obatan tersebut tersedia dalam bentuk krim, salep, atau gel. Oleskan obat jerawat pada punggung yang berjerawat sebanyak 2 kali sehari atau sesuai petunjuk penggunaan produk.

Saat mengoleskan obat jerawat di punggung, tunggulah sampai beberapa menit hingga obat tersebut meresap sebelum Anda menggunakan pakaian.

5. Kurangi Konsumsi Makanan Tertentu

Makanan yang banyak mengandung gula atau memiliki indeks glikemik yang tinggi diduga dapat menyebabkan jerawat lebih mudah muncul.

Oleh karena itu, untuk mengatasi jerawat punggung atau di tempat lainnya, Anda disarankan untuk membatasi konsumsi makanan dengan indeks glikemik yang tinggi, seperti nasi putih, roti tawar, mi, kentang goreng, cemilan manis, seperti kue dan es krim, serta minuman bersoda.

 

4 dari 5 halaman

Menghilangkan Jerawat Punggung

6. Lakukan Eksfoliasi

Selain mandi dua kali sehari, Anda juga perlu langkah tambahan untuk memastikan sel kulit mati di punggung tidak menumpuk dan benar-benar sudah terangkat. Caranya dengan melakukan eksfoliasi, yaitu teknik mengangkat sel kulit mati dengan scrub atau bahan kimia khusus, seperti salicylic acid atai glycolic acid.

Bila punggung belum berjerawat, Anda bisa melakukan scrub punggung dua kali dalam seminggu. Bila di punggung sudah timbul jerawat, lakukan eksfoliasi secara lembut. Namun, bila kondisi jerawat di punggung sudah terlalu parah, Anda justru perlu menghindari eksfoliasi agar tidak memperparah jerawat punggung.

7. Batasi Penggunaan Produk Berbahan Minyak

Jerawat muncul karena produksi sebum atau minyak di kulit terlalu banyak dan menyumbat pori. Karena itu, batasi penggunaan produk perawatan kulit yang berbahan dasar minyak, seperti lotion atau tabir surya. Sebaiknya Anda memilih produk perawatan kulit yang berbahan dasar air dan berlabel non-komedogenik.

 

 

Reporter: Lianna Leticia

5 dari 5 halaman

Infografis 5 Tips Cegah Jerawat Saat Pakai Masker Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini