Sukses

50 Juta Suntikan Vaksin COVID-19 Berhasil Tercapai dalam Enam Minggu

Wamenkes Dante mengungkapkan Indonesia sudah berhasil mencapai 50 juta kedua suntikan vaksinasi COVID-19 pada akhir Agustus lalu.

Liputan6.com, Jakarta Wakil Menteri Kesehatan RI Dante Saksono Harbuwono mengungkapkan bahwa pada akhir Agustus 2021, Indonesia sudah berhasil mencapai 50 juta kedua suntikan vaksinasi COVID-19 dalam waktu enam minggu.

"Sejak vaksinasi dilakukan 13 Januari lalu, kita mencapai 50 juta orang di bulan Juli atau dalam waktu 26 minggu. Di akhir Agustus kemarin, kita berhasil mencapai 50 juta kedua hanya kurang lebih dalam waktu enam minggu sejak 50 juta vaksinasi pertama," ujar Dante, Kamis (2/9/2021).

Percepatan laju vaksinasi yang sudah sedemikian rupa, dinilai dapat membuat Indonesia semakin memiliki pengalaman. Sehingga bisa melaksanakan vaksinasi menjadi lebih cepat.

"Kita targetkan dalam bulan September ke depan kita bisa mencapai 2,3 juta dosis suntikan per hari," ujar Dante dalam live Kedatangan Vaksin COVID-19 Tahap 47 pada kanal Youtube Sekretariat Presiden.

Laju suntikan vaksinasi COVID-19 sudah berhasil ditingkatkan menjadi 10 juta per 10 hari sejak bulan Agustus. Sehingga, target dosis harian selanjutnya dinilai juga dapat dicapai.

"Dengan distribusi vaksin sebesar 15,2 juta di pekan keempat Agustus, dan 20,3 di pekan kelima Agustus hingga awal September ini, kami optimistis target 2,3 juta dosis per hari akan dapat tercapai," ujarnya.

Terkait hal tersebut, Dante mengingatkan tentang pentingnya dukungan seluruh elemen masyarakat agar dapat terus mempercepat laju vaksinasi di setiap daerah.

"Diperlukan dukungan seluruh elemen masyarakat, pemerintah, dinas kesehatan daerah, TNI Polri, organisasi masyarakat dan swasta untuk terus dapat mempercepat laju vaksinasi," ujar Dante.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Jangan lengah protokol kesehatan

Dalam kesempatan yang sama, Dante menyampaikan bahwa percepatan laju vaksinasi diikuti dengan tren penurunan kasus aktif COVID-19 di berbagai provinsi. Tak hanya itu, tren kasus kesembuhan kini juga kian meningkat.

Angka kematian pun mengalami penurunan hingga 37 persen dibandingkan minggu sebelumnya. Tren positivity rate nasional juga terus menurun hingga berada pada angka 10.36 saat ini.

Dante mengungkapkan, semua perkembangan positif yang terjadi belakangan jangan sampai membuat kita lengah. Sehingga, tidak terjadi lonjakan kasus berikutnya.

"Kita harus tetap waspada dan tetap menahan diri untuk mengurangi mobilitas, disiplin menjaga protokol kesehatan, dan segeralah untuk divaksinasi. Karena vaksinasi dan penetapan protokol kesehatan terbukti mampu menurunkan laju penyebaran virus," ujarnya.

3 dari 3 halaman

Infografis

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.