Sukses

6 Gerakan Yoga untuk Redakan Stres dan Kecemasan

Yoga tidak cuma sebagai olahraga untuk melenturkan badan tapi juga meredakan stres dan cemas

Liputan6.com, Jakarta - Banyak faktor yang bikin seseorang stres dan cemas berlebihan selama pandemi COVID-19. Dengan berolahraga yoga, dua kondisi tersebut dapat dicegah kemunculannya.

Dikutip dari situs Health pada Rabu, 1 September 2021, Seorang Instruktur Yoga Vida di New York City, Sangeeta Vallabhan, mengatakan, latihan yoga secara konsisten akan menenangkan pikiran dan energi Anda.

"Bergeraklah dengan cara yang terasa nyaman, tanpa melelahkan tubuh atau napas Anda," kata Sangeeta. Ini yang pada akhirnya membuat orang dijauhkan dari stres dan cemas.

Berikut gerakan-gerakan yoga yang bisa Anda coba.

1. Seated Side Bend

Gerakan ini dimulai dengan duduk bersila di lantai atau di atas matras, kemudian meletakkan tangan kanan di lantai dan angkat tangan kiri dengan pinggang sedikit di tekuk ke kanan, lihatlah ke arah langit. Tahan selama tiga hingga lima napas, lalu beralih ke tangan sebelahnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Downward Dog

Dari posisi plank, geser pinggul ke belakang dan angkat ke atas, tekan tangan dan kaki ke lantai dengan punggul masih menghadap langit. Lutut bisa lurus atau sedikit ditekuk, dan tahan selama lima napas.

3. Extended Side Angle

Berdiri dengan kaki terbuka lebar, kaki kanan ke depan dengan jari kaki mengarah ke depan, sementara kaki kiri diputar sekitar 45 derajat.

Tekuk lutut kanan hingga 90 derajat, paha sejajar dengan lantai. Bersandar ke samping di pinggang, bawa lengan kanan ke paha kanan atau tangan kanan ke blok yoga yang dipasang di luar kaki kanan.

Rentangkan lengan kiri lurus ke atas ke langit atau di samping telinga, tahan selama tiga sampai lima napas, lalu ulangi di sisi lainnya.

4. Warrior II

Berdiri dengan kaki terbuka lebar, kaki kanan ke depan dan jari kaki mengarah ke depan, kaki kiri diputar sekitar 30 derajat.

Tekuk lutut kanan hingga 90 derajat, sementara paha sejajar dengan lantai. Rentangkan lengan ke samping, dan telapak tangan ke bawah. Kemudian raih lengan kanan ke depan dan lengan kiri ke belakang, tahan selama lima napas.

 

3 dari 4 halaman

5. Side Plank

Gerakan ini akan dimulai dari posisi menyamping dengan meletakkan tangan kanan di lantai dan pinggul serta pergelangan kaki ditumpuk atau bertumpu di lantai.

Angkat pinggul untuk membuat garis lurus diagonal dari bahu ke pinggul hingga pergelangan kaki, dan raih langit dengan tangan kiri. Tahan selama tiga sampai lima napas, kemudian beralih sisi.

6. Plank

Mulailah dengan posisi push up, lalu angkat bahu hingga berhasil membuat garis lurus dari bahu ke pinggul hingga tumit. Libatkan inti, panjangkan batang tubuh, dan tekan melalui tumit, tahan selama tiga hingga lima napas.

Itulah gerakan yoga yang bisa Anda lakukan di rumah untuk meredakan rasa kecemasan dan stres selama pandemi COVID-19.

4 dari 4 halaman

Infografis Beda Bahaya Covid-19 Varian Delta dengan Delta Plus

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.