Sukses

Pemulihan Lebih Cepat, Ini Kelebihan ERACS dalam Persalinan Ibu Hamil

Proses kehamilan menjadi momen penting bagi para ibu, karena pada masa ini bayi akan berkembang di dalam rahim.

Liputan6.com, Jakarta Proses kehamilan menjadi momen penting bagi para ibu, karena pada masa ini bayi akan berkembang di dalam rahim. Namun, beberapa ibu hamil bakal tampak gelisah, cemas dan takut ketika mendekati Hari Perkiraan Lahir (HPL), terutama bagi mereka yang memiliki indikasi untuk Sectio Caesarea (SC).

Rasa cemas dan takut itu sering kali hadir karena banyaknya 'cerita' bahwa operasi SC sangat lama pemulihan ketimbang persalinan normal. Benarkah seperti itu?

RS EMC Sentul menyediakan pelayanan agar ibu hamil lebih nyaman dengan pemulihan yang cepat. yaitu bernama Enhanced Recovery After Cesarean Section (ERACS). Tindakan itu memiliki proses kelahiran lebih nyaman dengan minim rasa nyeri dan pemulihan lebih cepat daripada operasi SC biasa.

Lantas, apa sih ERACS itu?

Menurut Spesialis Kebidanan Kandungan RS EMC Sentul, dr. Ruswantriani, Sp.OG, yang biasa dipanggil Dokter Tria, mengatakan bahwa konsep ERACS merupakan pengembangan dari konsep Enhanced Recovery After Surgery (ERAS), dimana konsep ERAS ini awalnya digunakan pada operasi bedah digestif.

"Konsep ERAS ini terbukti mengurangi lama rawat pasien di rumah sakit, mengurangi komplikasi pasca operatif, dan meningkatkan kepuasan pasien," ujar dr. Ruswantriani, Sp.OG.

Ia melanjutkan, karena itu konsep ERAS ini kemudian dikembangkan untuk tindakan operasi di bidang lain salah satunya di bagian kebidanan.

Dr Tria juga menjelaskan bahwa SC adalah salah satu tindakan operasi di bagian kebidanan (obstetri) yang paling umum dilakukan.

Operasi SC ini sifatnya unik, kalau operasi lain lebih banyak dilakukan untuk mengobati penyakit, operasi SC lebih banyak mengandung makna kebahagiaan karena sang ibu akan bertemu dengan buah hati yang sudah ditunggu selama 9 bulan.

dr. Dian Kesumarini, Sp.An sebagai Dokter Spesialis Anestesi RS EMC Sentul menambahkan bahwa pengalaman melahirkan merupakan momen yang tidak terlupakan. Konsep ERACS mewujudkan impian para ibu hamil, karena selain nyaman dan minim rasa nyeri, konsep ini juga memungkinkan pemulihan yang lebih cepat sehingga Bunda bisa menyusui bayinya dengan posisi yang nyaman, bonding dengan bayi juga menjadi lebih baik.

"Bunda bisa mengerjakan aktivitas kesehariannya dengan lebih cepat, dan bisa pulang ke rumah dalam rentang waktu yang lebih singkat," tutur dr. Dian Kesumarini, Sp.An.

Perlu diketahui, EMC Hospitals melayani tindakan Enhanced Recovery After Cesarean Section and Gynecological Surgery (ERACGS), yang menjadi salah satu layanan unggulan di Departemen Obstetri dan Ginekologi Rumah Sakit EMC.

Rangkaian prosedur

Ada beberapa tahapan prosedur untuk mendapatkan tindakan ERACS. Menurut kedua dokter di atas, begini penjelasannya.

Hal pertama, dua jam sebelum operasi, pasien akan diberikan minuman yang mengandung gula sebagai sumber energi pada saat menjalani prosedur. Selain itu, sebelum dilakukan prosedur, akan dilakukan evaluasi perioperatif oleh dokter spesialis penanggung jawab.

Selanjutnya, dokter anestesi berperan melakukan penilaian praoperatif, memilih jenis anestesi yang paling sesuai dan mempercepat pemulihan pasien, serta melakukan anestesi dengan jarum spinal dengan ukuran yang sangat kecil dan memastikan pasien tidak merasa nyeri saat pembiusan, selama dan setelah operasi.

Setelah itu, dokter kandungan melakukan operasi dengan teknik yang optimal sehingga operasi berlangsung tidak terlalu lama dan nyaman

Terakhir, dokter anestesi juga mengawasi dan memastikan pasca operasi yang nyaman, minim rasa nyeri, proses mobilisasi yang lebih cepat, tanpa komplikasi, dan durasi rawat inap rumah sakit yang lebih singkat.

Kelebihan persalinan ERACS

Menurut dr. Ruswantriani, Sp.OG dan  dr. Dian Kesumarini, Sp.An ada beberapa kelebihan ibu hamil menggunakan metode persalinan ERASC.

1. Melahirkan dengan nyaman

2. Rasa sakit dan nyeri persalinan sangat minimal

3. Pemulihan cepat

4. 4 jam pasca operasi sudah bisa beraktivitas

5. Pasien bisa langsung diberikan nutrisi pasca operasi

6. Lama perawatan di RS menjadi lebih singkat

Nah, itulah hal-hal yang perlu diketahui seputar ERACS, sebuah konsep persalinan SC dengan minim rasa sakit dan masa pemulihan yang lebih cepat. Karena kelebihan metode ERACS tersebut, Ibu bisa melahirkan sang buah hati dengan rasa nyaman dan aman.

 

 (*)

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini