Sukses

Jemput Bola Skrining Donor Plasma Konvalesen untuk Penyintas COVID-19

Ada inisiatif upaya jemput bola skrining donor plasma konvalesen lewat D.O.T.S. (Dorplas On The Spot) untuk penyintas COVID-19.

Liputan6.com, Jakarta Ada salah satu inisiatif yang patut menjadi teladan untuk masyarakat, yakni kehadiran D.O.T.S. atau Dorplas On The Spot. Inisiatif ini berupa skrining donor plasma konvalesen dan donor darah, yang digagas oleh ExCov Community.

Koordinator Lapangan Wilayah Jabodetabek ExCov Community IGN Indra menjelaskan, D.O.T.S dihadirkan untuk mempermudah para penyintas dan kandidat potensial pendonor plasma konvalesen dalam berkontribusi membantu sesama.

Inisiatif tersebut hadir setelah melihat tingginya kebutuhan atas donor plasma konvalesen di masyarakat. Sebelumnya, para pendonor harus datang ke Palang Merah Indonesia (PMI) dan Unit Transfusi Darah (UTD) untuk melakukan skrining dan memberikan donor.

"Melalui inisiatif ini, ExCov bekerja sama dengan PMI dan UTD untuk melakukan upaya 'jemput bola' dengan melakukan skrining donor plasma konvalesen di lokasi yang mudah terjangkau dari para penyintas dan kandidat pendonor potensial," jelas Indra melalui pernyataan tertulis yang diterima Health Liputan6.com, Jumat (27/8/2021).

 

** #IngatPesanIbu 

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

#sudahdivaksintetap3m #vaksinmelindungikitasemua

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Bantu Penuhi Kebutuhan Plasma Konvalesen

Pada fase-fase kritis pandemi, menurut Indra, jumlah kebutuhan plasma konvalesen sempat mengalami kekurangan pasokan. Artinya, permintaan tidak tidak sebanding dengan plasma konvalesen yang tersedia.

"Dengan ikhtiar gotong royong D.O.T.S, kami mengharapkan bisa membantu memenuhi kebutuhan permintaan plasma darah untuk masyarakat yang membutuhkan. Tentunya, kami mengharapkan kondisi kekurangan pasokan seperti sebelumnya tidak terulang kembali," lanjutnya.

Selama ini, ExCov Community aktif mendukung kegiatan donor plasma konvalesen bersama-sama dengan pihak lain. Inisiatif D.O.T.S. sepanjang September-Oktober 2021 ini akan dilakukan di beberapa kota di Jawa dan Bali, dimulai di Jakarta.

Menyusul wilayah lainnya, antara lain Tangerang, Tangerang Selatan, Bekasi, Bogor, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Solo, Tuban, Surabaya, Malang, dan Denpasar.

Stok plasma konvalesen ataupun darah utuh (WB, whole blood) yang terkumpul kemudian akan disalurkan ke pasien COVID-19 yang membutuhkan lewat UTD RS Kanker Dharmais. Ia menargetkan, rangkaian D.O.T.S. ini bisa menjangkau ratusan hingga sekitar 1.000 pendonor.

3 dari 3 halaman

Infografis 6 Kriteria Penyintas Covid-19 Donor Plasma Konvalesen

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.