Jemput Bola Skrining Donor Plasma Konvalesen untuk Penyintas COVID-19

Oleh Fitri Haryanti Harsono pada 27 Agu 2021, 19:40 WIB
Diperbarui 27 Agu 2021, 19:41 WIB
PMI DKI Jakarta Ajak Penyintas COVID-19 Donor Plasma Konvalesen
Perbesar
Petugas memegang kantong berisi plasma darah atau plasma konvalesen dari pasien sembuh COVID-19, di Unit Donor Darah (UDD) PMI DKI Jakarta, Rabu (23/6/2021). PMI DKI Jakarta menyatakan ketersediaan stok plasma konvalesen di DKI kosong. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Liputan6.com, Jakarta Ada salah satu inisiatif yang patut menjadi teladan untuk masyarakat, yakni kehadiran D.O.T.S. atau Dorplas On The Spot. Inisiatif ini berupa skrining donor plasma konvalesen dan donor darah, yang digagas oleh ExCov Community.

Koordinator Lapangan Wilayah Jabodetabek ExCov Community IGN Indra menjelaskan, D.O.T.S dihadirkan untuk mempermudah para penyintas dan kandidat potensial pendonor plasma konvalesen dalam berkontribusi membantu sesama.

Inisiatif tersebut hadir setelah melihat tingginya kebutuhan atas donor plasma konvalesen di masyarakat. Sebelumnya, para pendonor harus datang ke Palang Merah Indonesia (PMI) dan Unit Transfusi Darah (UTD) untuk melakukan skrining dan memberikan donor.

"Melalui inisiatif ini, ExCov bekerja sama dengan PMI dan UTD untuk melakukan upaya 'jemput bola' dengan melakukan skrining donor plasma konvalesen di lokasi yang mudah terjangkau dari para penyintas dan kandidat pendonor potensial," jelas Indra melalui pernyataan tertulis yang diterima Health Liputan6.com, Jumat (27/8/2021).

 

** #IngatPesanIbu 

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

#sudahdivaksintetap3m #vaksinmelindungikitasemua


Bantu Penuhi Kebutuhan Plasma Konvalesen

FOTO: 307 Penyintas COVID-19 Donorkan Plasma Konvalesen
Perbesar
Penyintas COVID-19 melakukan donor plasma konvalesen di PMI DKI Jakarta, Selasa (19/1/2021). Sebanyak 307 penyintas COVID-19 per 1 hingga 15 Januari 2021 telah mendonorkan plasma konvalesen. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Pada fase-fase kritis pandemi, menurut Indra, jumlah kebutuhan plasma konvalesen sempat mengalami kekurangan pasokan. Artinya, permintaan tidak tidak sebanding dengan plasma konvalesen yang tersedia.

"Dengan ikhtiar gotong royong D.O.T.S, kami mengharapkan bisa membantu memenuhi kebutuhan permintaan plasma darah untuk masyarakat yang membutuhkan. Tentunya, kami mengharapkan kondisi kekurangan pasokan seperti sebelumnya tidak terulang kembali," lanjutnya.

Selama ini, ExCov Community aktif mendukung kegiatan donor plasma konvalesen bersama-sama dengan pihak lain. Inisiatif D.O.T.S. sepanjang September-Oktober 2021 ini akan dilakukan di beberapa kota di Jawa dan Bali, dimulai di Jakarta.

Menyusul wilayah lainnya, antara lain Tangerang, Tangerang Selatan, Bekasi, Bogor, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Solo, Tuban, Surabaya, Malang, dan Denpasar.

Stok plasma konvalesen ataupun darah utuh (WB, whole blood) yang terkumpul kemudian akan disalurkan ke pasien COVID-19 yang membutuhkan lewat UTD RS Kanker Dharmais. Ia menargetkan, rangkaian D.O.T.S. ini bisa menjangkau ratusan hingga sekitar 1.000 pendonor.


Infografis 6 Kriteria Penyintas Covid-19 Donor Plasma Konvalesen

Infografis 6 Kriteria Penyintas Covid-19 Donor Plasma Konvalesen. (Liputan6.com/Abdillah)
Perbesar
Infografis 6 Kriteria Penyintas Covid-19 Donor Plasma Konvalesen. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya