Hidup Bersama Epidemi COVID-19, Testing dan Tracing Perlu Diperkuat

Oleh Fitri Haryanti Harsono pada 24 Agu 2021, 14:00 WIB
Diperbarui 24 Agu 2021, 18:20 WIB
FOTO: Tes PCR dan Antigen Masih Jadi Syarat Beraktivitas
Perbesar
Petugas melakukan tes COVID-19 terhadap warga di Altomed, Kelapa Gading, Jakarta, Minggu (8/8/2021). Tes PCR atau antigen juga sebagai upaya mendukung program pemerintah menghadapi pandemi COVID-19. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Liputan6.com, Jakarta Menuju hidup bersama epidemi COVID-19, Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin menegaskan, pemeriksaan (testing) dan pelacakan (tracing) perlu diperkuat. Ketika memasuki epidemi, penularan COVID-19 terjadi menyebar di suatu wilayah atau negara tertentu.

"Testing dan tracing yang kuat sangat diperlukan untuk kita hidup bersama epidemi. Itu kalau nanti sudah berubah yang tadi melawan atau mengatasi pandemi, menjadi hidup bersama epidemi," terang Budi Gunadi saat konferensi pers PPKM, Senin (23/8/2021).

Perihal testing dan tracing pun sudah dilakukan sejak sekarang, yang digunakan sebagai strategi untuk hidup bersama pandemi Corona COVID-19. Sasaran tes COVID-19 adalah orang yang suspek dan kontak erat, bukan untuk skrining.

"Ini penting sekali untuk kita perkuat. Arahan Bapak Presiden (Joko Widodo/Jokowi) nanti, testing dan tracing harus sangat terarah, tidak massal," jelas Budi Gunadi.

"Dan ini benar-benar yang butuh atau istilahnya para ahli kesehatan adalah testing epidemiologi, bukan untuk skrining. Yakni testing yang dilakukan ke suspek dan kontak erat yang memang bergejala, bukan semua orang dites, karena mau melakukan aktivitas tertentu."

 

** #IngatPesanIbu 

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

#sudahdivaksintetap3m #vaksinmelindungikitasemua

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.


Infografis 5 Strategi Pengendalian Covid-19 Saat Berubah Jadi Endemi

Infografis 5 Strategi Pengendalian Covid-19 Saat Berubah Jadi Endemi. (Liputan6.com/Abdillah)
Perbesar
Infografis 5 Strategi Pengendalian Covid-19 Saat Berubah Jadi Endemi. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya