Sukses

Manfaat Minum Air Kelapa di Masa COVID-19, Apa Bisa Jaga Daya Tahan Tubuh?

Di masa pandemi COVID-19 orang-orang lebih sadar untuk menjaga kekebalan tubuh dengan mengkonsumsi berbagai vitamin dan makanan bergizi.

Liputan6.com, Jakarta Di masa pandemi COVID-19 orang-orang lebih sadar untuk menjaga kekebalan tubuh dengan mengonsumsi berbagai vitamin dan makanan bergizi.

Salah satu nutrisi yang sejak dulu diyakini baik untuk tubuh adalah air kelapa. Lantas, apakah air kelapa benar-benar bermanfaat untuk menjaga daya tahan tubuh selama pandemi?

Menanggapi hal ini, Dr. Jenna Macciochi, ahli imunologi dan penulis Immunity: The Science of Staying Well menulis bahwa sistem kekebalan tubuh kita adalah garis pertahanan pertama melawan infeksi dan penyakit.

“Meskipun secara ilmiah tidak ada cara untuk meningkatkan kekebalan Anda, ada perubahan gaya hidup tertentu yang dapat Anda terapkan untuk menjaga keseimbangan sistem kekebalan tubuh,” kata Jenna mengutip keterangan pers CBCOMM, Senin (23/8/2021).

Ia menambahkan, perubahan gaya hidup sehat dapat merespons infeksi dengan tepat dan menyembuhkan serta memperbaiki kerusakan yang mungkin terjadi dalam prosesnya.

“Salah satu alternatif gaya hidup yang semakin disukai masyarakat salah satunya adalah dengan mengonsumsi air kelapa. Sebagai minuman yang telah dikonsumsi sejak dahulu kala di Indonesia, air kelapa memang memiliki cita rasa yang enak, menyegarkan dan berkhasiat.”

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Manfaat Air Kelapa

Air kelapa juga memiliki kandungan beberapa nutrisi penting, termasuk mineral yang seringkali tidak cukup dikonsumsi kebanyakan orang, lanjut Jenna.

Senada dengan Jenna, pakar farmakologi dari Universitas Indonesia Prof. Dr. dr. Purwantyastuti, MSc, SpFK, menjelaskan khasiat utama air kelapa adalah mengatasi dehidrasi atau kekurangan cairan di dalam tubuh.

“Tubuh yang kekurangan cairan dengan sendirinya menjadi tidak sehat. Kekurangan cairan otomatis akan menimbulkan masalah pada reaksi-reaksi kimia di semua sistem tubuh, termasuk sistem imun.”

Rasanya yang menyegarkan membuat air kelapa mudah diminum orang yang sedang sakit, otomatis cairan tubuhnya kembali dan mendorong pemulihannya. Hal ini “mungkin” yang menyebabkan orang menghubungkan air kelapa dengan kekebalan tubuh” ungkap profesor yang akrab disapa Tuti.

3 dari 4 halaman

Berfungsi Membawa Oksigen

Di dalam tubuh, air kelapa dan cairan tubuh lainnya menjadi bagian dari darah yang berfungsi membawa oksigen ke sel-sel tubuh. Oksigen ini diperlukan sistem kekebalan dan sistem-sistem lainnya di dalam tubuh agar berfungsi dengan baik.

Selain itu, cairan yang cukup di dalam tubuh juga diperlukan agar sistem dalam tubuh dapat bekerja dengan baik dalam menghilangkan racun dari tubuh. Jadi minum lebih banyak dapat membantu mencegah racun yang menumpuk dan berdampak negatif pada sistem tubuh termasuk sistem imun, lanjut Tri.

“Jika kita mengalami dehidrasi, seluruh sistem tubuh akan terganggu. Konsumsi cairan yang cukup dan tepat, termasuk air kelapa, bersama dengan nutrisi dan tidur yang cukup, merupakan komponen penting yang diperlukan oleh sistem kekebalan tubuh yang sehat,” pungkasnya.

4 dari 4 halaman

Infografis Sudah Vaksinasi COVID-19? Jangan Kendor 5M!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.