Sukses

Cari Lokasi Vaksinasi hingga Cek Hoaks COVID-19 Lewat Satu Platform Ini

Masyarakat kini dapat mencari lokasi vaksinasi hingga mengecek hoaks COVID-19 cukup lewat satu platform pada situs berikut ini.

Liputan6.com, Jakarta Masyarakat kini dapat mencari lokasi vaksinasi hingga mengecek hoaks COVID-19 cukup lewat satu platform pada situs s.id/infovaksin. Platform ini berisi informasi lengkap tentang vaksinasi di Indonesia, mulai ketersediaan stok, lokasi vaksinasi, dan tata cara pendaftaran vaksinasi.

Menteri Komunikasi dan Informatika RI Johnny G.Plate menyampaikan, Pemerintah berkomitmen mengakselerasi vaksinasi di Indonesia dan berusaha mempermudah masyarakat dalam mengakses informasi seputar vaksinasi.

s.id/infovaksin bukan aplikasi baru, melainkan platform yang menghubungkan berbagai aplikasi terkait dengan penanganan COVID-19 dan pemulihan ekonomi Indonesia," ujar Plate melalui pernyataan tertulis yang diterima Health Liputan6.com, Jumat (20/8/2021).

"Selain mempermudah masyarakat untuk mendapatkan berbagai informasi dalam satu platform, keterangan dan data di dalamnya pun dijamin terpercaya, karena semuanya bersumber dari lembaga yang berwenang."

Melalui platform tersebut, masyarakat bisa melakukan pencarian lokasi vaksinasi terdekat, baik yang diselenggarakan secara periodik maupun yang diselenggarakan oleh fasyankes. Caranya, masyarakat hanya perlu masuk ke situs s.id/infovaksin.

 

** #IngatPesanIbu 

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

#sudahdivaksintetap3m #vaksinmelindungikitasemua

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Cari Informasi Faskes Vaksinasi

Ketika masyarakat ingin mencari lokasi vaksinasi di laman .id/infovaksin dapat memilih menu ‘Lokasi Faskes Vaksinasi’, lalu memilih provinsi dan kabupaten sesuai dengan opsi yang tersedia. Daftar lokasi vaksinasi akan muncul begitu kita menekan pilihan ‘Cari Sekarang’.

Selain informasi umum seperti alamat, telepon, jam operasional, serta cara pendaftaran, masyarakat juga dapat menemukan data terkait kategori dan ketersediaan jumlah dosis vaksin. Fitur tersebut juga terhubung dengan peta digital, sehingga memudahkan masyarakat untuk mendatangi lokasi dimaksud.

Johnny G.Plate menambahkan, informasi dan data pada fitur ‘Lokasi Faskes Vaksinasi’ bersumber dari layanan urun data (crowdsource) https://vaksinasi.id/ dan Control Tower KPCPN.

Sementara itu, tautan ‘Ketersediaan Stok Vaksin’ adalah fitur baru yang ditambahkan dan menggunakan sumber dari situs Kementerian Kesehatan di laman https://vaksin.kemkes.go.id/#/alokasi_vaksin.

3 dari 4 halaman

Fitur Mengecek Hoaks COVID-19

Tak hanya fitur pencarian lokasi dan stok vaksin, melalui s.id/infovaksin masyarakat bisa mengakses informasi terkait ketersediaan kamar rawat inap, informasi terbaru layanan isoman dan telemedis, data dan situasi COVID-19 Indonesia, serta ketersediaan stok obat terapi di apotik terdekat.

Beragam materi edukasi terkait COVID-19, misal penjelasan tentang Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI), vaksin, berita terkini, serta tautan untuk terhubung dengan tanya jawab Ikatan Dokter Indonesia (IDI) juga dapat diakses di dalam platform tersebut.

Menkominfo Johnny G. Plate menegaskan, hal yang tak kalah penting adalah adanya fitur guna mengecek dan membuktikan hoaks. Masyarakat bisa memastikan sendiri keabsahan informasi atau berita yang mereka terima melalui mesin pencari yang tersedia dalam fitur tersebut.

“Dengan demikian, selain terus berupaya menyediakan informasi yang benar dan terpercaya, Pemerintah juga membantu masyarakat bersikap proaktif dengan menyaring informasi," pungkasnya.

"Tentunya, agar untuk dirinya dan orang-orang terdekatnya terhindar dari informasi yang tidak tepat atau hoaks."

4 dari 4 halaman

Infografis Cek Fakta Hoaks Penggunaan Masker di masa Pandemi Covid 19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.