Sukses

Pendampingan Dokter Jarak Jauh, Bantu Pasien Jalani Isolasi Mandiri Lebih Tenang

Agar aman sebaiknya isolasi mandiri tetap di bawah pengawasan dokter.

Liputan6.com, Jakarta Bukan hal mudah bagi pasien COVID-19 mendapati diri terkonfirmasi COVID-19. Bila gejala ringan, isolasi mandiri di rumah bisa dilakukan. Namun, agar aman sebaiknya tetap di bawah pengawasan dokter.

Saat ini sudah banyak layanan telekonsultasi dokter gratis untuk mendampingi pasien isolasi mandiri. Salah satunya Alodokter.

Aplikasi kesehatan ini menyediakan layanan kesehatan berupa pendampingan dokter pribadi yang telah hadir sejak Mei 2020. Melalui layanan ini, pasien positif COVID-19 yang menjalani isolasi mandiri dirumah bisa mendapatkan bantuan telekonsultasi dan pengobatan. Dokter yang ditunjuk akan membimbing dan mendukung pemulihan kesehatan pasien secara digital melalui aplikasi.

"Kami menyadari betapa sulitnya masyarakat yang terdampak COVID-19 dalam menjalani masa isolasi secara mandiri dirumah, sehingga kami ingin memberikan dukungan untuk membantu pemulihan mereka baik secara fisik dan psikis," kata Suci Arumsari selaku Co-Founder dan Director Alodokter.

Suci juga mengatakan dengan adanya fitur layananan ini diharapkan bisa membantu masyarakat lebih tenang menghadapi masa sulit selama isolasi mandiri.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Langkah Isolasi Mandiri

Salah satu orang yang sudah merasakan manfaat telekonsultasi ini adalah Danu Darsono. Karyawan swasta dari Jakarta ini awalnya kaget ketika mendapati hasil tes PCR positif sementara anggota keluarga lain negatif beberapa waktu lalu.

"Pada saat itu saya merasa panik dan bingung serta tidak tahu apa yang harus saya lakukan karena saya harus menjalani isoman di rumah yang didalamnya terdapat anggota keluarga lain," katanya mengutip dari keterangan resmi Alodokter.

Ia kemudian menggunakan layanan telekonsultasi dokter ini. Sehingga, ia tahu langkah apa saja yang harus dilakukan saat menjalani isolasi mandiri di rumah.

Pasien COVID-19 dapat mengakses platform melalui link registrasi berikut: https://get.alodokter.com/dokter-pribadi-gratis

Alodokter menyebut memiliki sistem keamanan privasi dengan manajemen baik sehingga pasien tidak perlu khawatir terkait kerahasiaan riwayat kesehatan mereka. Selain itu fitur ini juga memungkinkan dokter untuk terus memantau perkembangan terkini dari kondisi pasien secara berkelanjutan.

3 dari 3 halaman

Infografis 6 Tips Isolasi Mandiri di Rumah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.