Wanita Hamil dan Ibu Menyusui Bisa Disuntik Vaksin COVID-19

Oleh Dyah Puspita Wisnuwardani pada 11 Agu 2021, 10:00 WIB
Diperbarui 11 Agu 2021, 10:00 WIB
ASI Dijadikan Perhiasan, Harganya Capai Rp5,6 Juta
Perbesar
Ilustrasi menyusui. (dok. Hanna Balan/Unsplash)

Liputan6.com, Jakarta - Wanita hamil dan ibu menyusui kini sudah bisa mendapat suntikan vaksin COVID-19. Komita Penasihat Ahli Imunisasi Nasional atau Indonesian Technical Advisory Group on Immunization (ITAGI) telah merekomendasikan pemberian vaksin bagi wanita hamil. Sementara itu Kementerian Kesehatan juga telah menyatakan vaksinasi COVID-19 aman untuk ibu menyusui.

Meski demikian, proses skrining bagi dua target vaksinasi itu harus dilakukan secara rinci dan teliti seperti disampaikan Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Wiku Adisasmito.

Proses skrining bagi ibu hamil harus dilakukan secara detail dibandingkan sasaran vaksinasi lain. Salah satu syarat vaksinasi COVID-19 yakni hanya bisa diberikan pada ibu hamil dengan usia kandungan sudah 13 minggu dan berada di trimester kedua kehamilan.

"Jika memiliki penyakit penyerta dalam kondisi terkontrol dan tidak ada komplikasi akut, maka vaksin dapat diberikan," jelas Wiku dalam Keterangan Pers Perkembangan Penanganan COVID-19 di Graha BNPB, Selasa (10/8/2021) yang juga disiarkan kanal YouTube Sekretariat Presiden.

 

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.


Konsultasi dengan Dokter Sebelum Vaksinasi

Bagi ibu menyusui, harus berkonsultasi dengan dokter atau tenaga kesehatan mengenai kondisi kesehatannya sebelum menjalani vaksinasi. Ibu menyusui yang dalam kondisi prima bisa menerima vaksin COVID-19.

Setelah vaksin, tetap aman bagi ibu menyusui karena saat menyusui terjadi kontak antar kulit ibu dan bayi. Sehingga dapat mengurangi risiko kematian bayi secara signifikan dan memiliki manfaat yang lebih besar dibandingkan potensi risiko penularan COVID-19.


Infografis

Infografis Yuk Kenali Cara Kerja Vaksin Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)
Perbesar
Infografis Yuk Kenali Cara Kerja Vaksin Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya