Sukses

Ganip Warsito Minta Posko PPKM Aktif Monitor Warga yang Isoman

Tugas Posko PPKM adalah secara aktif memonitor warga yang isolasi mandiri karena COVID-19

Liputan6.com, Medan - Ketua Satuan Tugas Penanganan COVID-19, Ganip Warsito, meminta Posko Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) aktif memonitor warga yang melakukan isolasi mandiri (isoman). Khususnya pasien COVID-19 dengan riwayat penyakit (komorbid) atau warga berusia di atas 45.

Hal ini disampaikan Ganip Warsito saat bertemu dengan Koordinator Posko PPKM di Kota Medan, Sumatera Utara.

Apabila isoman yang dilakukan tidak mendukung proses pemulihan, warga dapat segera dirujuk ke isolasi terpusat (isoter). Upaya ini agar pasien tidak terlambat untuk mengantisipasi kondisi yang lebih buruk.

“Di sana (fasilitas isolasi terpusat) sudah disediakan oleh Pak Wali, tenaga kesehatan, disediakan tempat penginapan dan makanan serta tempatnya lebih baik,” ujar Ganip saat berkunjung di Kelurahan Helvetia Timur, ditulis Minggu (8/8/2021).

Sebelum meninggalkan pos PPKM, Ganip Warsito kembali meminta koordinator dan pengelola posko PPKM untuk mengingatkan para warga untuk melakukan perubahan perilaku, terutama disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan.

Dia juga memberikan secara simbolis bantuan masker kepada koordinator posko PPKM di Kelurahan Helvetia Timur, Kecamatan Medan Helvetia, Kota Medan.

Selain masker 5.500 buah, Ganip memberikan sabun sebanyak 144 boks, dengan satuan 72 buah, yang disaksikan para warga kelurahan. Selanjutnya, bantuan akan dikelola dan didistribusikan oleh posko PPKM setempat.

 

** #IngatPesanIbu 

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

#sudahdivaksintetap3m #vaksinmelindungikitasemua

Simak Video Menarik Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Posko PPKM Diharapkan Jadi Ujung Tombak Kendalikan COVID-19

Pada kunjungan berikutnya, Ganip Warsito yang sekaligus menjabat Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) memberikan bantuan kepada komunitas Kelurahan Pandau Hulu II, Kecamatan Medan Area, Kota Medan.

Bantuan berupa masker KF94 sebanyak 2.000 buah, masker kain 2.000, masker medis anak 2.500, disinfektan 8 jerigen, dan paket individu. Paket tersebut berisi vitamin, sabun batangan serta masker.

Masyarakat Kelurahan Mangga, Kecamatan Tuntungan, Kota Medan juga memeroleh bantuan masker dan sabun yang diserahkan oleh Deputi Bidang Logistik dan Peralatan BNPB Dra. Prasinta Dewi, M.A.P. Posko PPKM kelurahan setempat menerima masker 4.000 buah dan sabun 144 boks.

Tak hanya menyerahkan bantuan, Ganip menyempatkan berdiskusi dengan koordinator posko untuk mendapatkan informasi mengenai kegiatan dan upaya yang dilakukan. Terlebih lagi peran posko PPKM untuk membantu warga yang sedang melakukan isoman.

Ganip berharap posko PPKM di tingkat kelurahan dapat mengoptimalkan empat fungsi utama, yaitu fungsi pencegahan, pendukung, penanganan, dan pembinaan.

"Dengan menjalankan empat fungsi tersebut, diharapkan posko PPKM benar-benar dapat menjadi ujung tombak dalam pengendalian COVID-19, mulai dari lingkup komunitas dan kelurahan/desa," katanya melalui pernyataan resmi yang diterima Health Liputan6.com.

3 dari 3 halaman

Infografis Alur Telemedicine dan Obat Gratis untuk Pasien Isoman Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.