Sukses

Jokowi Kirim Paket Obat COVID-19 untuk Pasien Isoman di Sumbar

Jokowi mengirimkan paket obat COVID-19 untuk pasien yang menjalani isolasi mandiri (isoman) di Sumbar

Liputan6.com, Padang - Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengirim sejumlah obat-obatan untuk pasien COVID-19 Sumatera Barat yang menjalani isolasi mandiri (isoman).

Paket obat COVID-19 tiba di Bandara Internasional Minangkabau pada Jumat, 6 Agustus 2021.

Obat dari Jokowi untuk pasien COVID-19 yang isoman diterima Gubernur Sumbar, Mahyeldi dan diserahkan ke Dinas Kesehatan (Dinkes) untuk penyalurannya. Terdapat tiga kotak yang berisi ratusan paket obat.

Sementara Kepala Dinas Kesehatan Sumbar, Arry Yuswandi menyampaikan bahwa paket obat-obatan COVID-19 yang dikirim Jokowi terdiri dari tiga paket, masing-masing paket satu kotak.

"Paket satu itu untuk pencegahan pada PCR negatif atau terapi pada PCR positif pasien tanpa gejala," katanya.

Kemudian paket dua bagi pasien positif dengan keluhan panas dan atau hilang penciuman, dan yang ketiga pasien positif COVID-19 dengan keluhan panas dan batuk kering.

 

 

Simak Video Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Obat COVID-19 untuk Pasien Isoman dari Jokowi

Gubernur Sumbar, Mahyeldi mengatakan bahwa bantuan obat-obatan diberikan setelah pada Kamis, 5 Agustus 2021, sore dirinya ditelepon Jokowi.

"Jadi, kemarin saya dihubungi presiden, menanyakan terkait perkembangan penanganan COVID-19 di Sumbar," kata Mahyledi, Jumat (6/8/2021).

Melalui sambungan telepon tersebut Mahyeldi melaporkan sejumlah hal terkait penanganan COVID-19 di Sumbar. Di antaranya tentang kenaikan kasus positif COVID-19 di Sumbar, yang disebabkan jumlah testing (tes) dan tracing (pelacakan) yang ditingkatkan beberapa waktu terakhir.

Kemudian tentang penanganan pasien di rumah sakit yang dilakukan secara berjenjang. Mulai dari RSUD di kabupaten dan kota serta rumah sakit rujukan bagi pasien COVID-19 dengan kondisi gejala berat.

"Kita sampaikan bahwa koordinasi antara rumah sakit di Sumbar sudah berjalan dengan cukup baik. Ada penambahan tempat tidur yang totalnya cukup banyak sehingga penanganan pasien bisa semakin maksimal," ujarnya.

 

3 dari 4 halaman

Ketersediaan Oksigen

Persoalan ketersediaan oksigen juga menjadi salah satu laporan yang diberikan gubernur kepada presiden dan langsung ditanggapi dengan bantuan 100 unit konsentrator oksigen.

Selain itu, semakin tingginya animo masyarakat untuk mendapatkan vaksin COVID-19 juga menjadi perhatian dari presiden. Dalam satu minggu ke depan tambahan vaksin akan dikirimkan ke Sumbar.

"Besok, Sabtu (6/8/2021) presiden juga akan mengirim konsentrator oksigen dan untuk vaksin dalam waktu dekat," katanya.

 

4 dari 4 halaman

Infografis Cek Fakta: Waspada Terpapar Hoaks Vaksin Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.