Sukses

Peringatan Konten!!

Artikel ini tidak disarankan untuk Anda yang masih berusia di bawah

18 Tahun

LanjutkanStop di Sini

Hubungan Seks Terasa Menyakitkan Setelah Menstruasi, Ketahui Penyebabnya

Terdapat beberapa hal yang menyebabkan rasa nyeri saat berhubungan seks setelah menstruasi.

Liputan6.com, Jakarta Terdapat beberapa hal yang dapat mempengaruhi nyeri saat berhubungan seks setelah menstruasi.

“Ada beberapa kondisi ketika seks terasa menyakitkan setelah menstruasi. Salah satu kondisi paling umum adalah endometriosis. Selain itu penyakit radang pinggul juga bisa menjadi penyebab,” ucap dokter OBGYN Adeeti Gupta seperti dikutip Elite Daily, Rabu (4/8/2021).

Rasa sakit yang muncul akibat endometriosis umum dirasakan sebelum dan selama menstruasi berjalan. Dalam beberapa kasus, rasa sakit yang muncul lebih banyak pada periode-periode akhir. Endometriosis juga dapat menyebabkan sensitivitas dan rasa sakit yang serius di daerah panggul.

Namun, apabila seks selalu terasa menyakitkan, maka itu bisa menjadi pertanda atas permasalahan yang serius. Dalam kondisi tersebut hendaknya Anda mengonsultasikan hal tersebut pada dokter untuk memastikan penyebabnya.

Simak juga video berikut

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Perhatikan kondisi lainnya

Setelah menstruasi, vagina juga biasanya mengalami pengeringan terkait dengan penurunan kadar esterogen. Sehingga, dapat mempengaruhi tingkat kelembaban yang ada pada vagina. Hal tersebut dapat membuat hubungan seks yang tidak nyaman dan menyakitkan.

“Para wanita juga perlu memperhatikan gejala terkait seperti demam, mual, sembelit, diare, atau pendarahan pada vagina. Jika ada gejala tersebut, maka penting untuk memeriksa kondisi Anda. Pastikan tidak ada peradangan atau infeksi yang terjadi,” jelas dr Gupta.

3 dari 4 halaman

Gunakan posisi seks yang nyaman

Jika Anda merasakan tekanan yang tidak nyaman pada perut bagian bawah ketika melakukan posisi tertentu seperti doggy style, maka cobalah posisi lainnya.

“Khususnya untuk wanita dengan endometriosis atau adenomiosis, gunakanlah posisi yang mengurangi tekanan pada rahim. Menggunakan satu atau dua bantal di bawah bokong juga bisa membantu. Itu akan lebih baik,” jelas dr Gupta.

Setelah Anda mengidentifikasi posisi ternyaman, maka gunakanlah posisi tersebut dan bimbing pasangan Anda untuk nyaman menggunakannya juga. Seks harus menjadi pengalaman yang menyenangkan, bahkan ketika berada dalam siklus menstruasi.

4 dari 4 halaman

Infografis

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.