Sukses

Satgas Tegaskan Tak Ada Bukti Hewan Terinfeksi COVID-19 Menular ke Manusia

Hewan yang terinfeksi COVID-19 tidak akan menularkan virus Corona ke manusia.

Liputan6.com, Jakarta - Satuan Tugas Penanganan COVID-19 menegaskan bahwa tidak ada bukti hewan yang terinfeksi COVID-19 dapat menularkan virus Corona atau SARS-CoV-2 ke manusia. 

Memang dari sejumlah bukti yang dilaporkan beberapa negara memerlihatkan adanya infeksi COVID-19 pada hewan. Berdasarkan laporan yang masuk ke Office of International des Epizooties (OIE), tercatat ada 500 kasus COVID-19 terjadi pada 10 spesies di 30 negara.

Namun, Juru Bicara Satuan Penanganan COVID-19 di Indonesia, Wiku Adisasmito, menerangkan, dari laporan globar disebut kasus penularan virus Corona dari hewan ke manusia tidak ada bukti sampai saat ini.

 

"Penting untuk diketahui, sejauh ini tidak ada bukti yang menunjukkan hewan yang terinfeksi COVID-19 dapat menularkan virus ke manusia," kata Wiku di Media Center COVID-19, Graha BNPB, Jakarta, Selasa (3/8/2021).

Masyarakat yang memelihara hewan kesayangannya diimbau tidak perlu takut dan panik. Tetap selalu merawat dan memenuhi kesejahteraan hewan peliharaan.

 

** #IngatPesanIbu 

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

#sudahdivaksintetap3m #vaksinmelindungikitasemua

Saksikan Video Menarik Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Batasan Kontak Fisik dengan Hewan Peliharaan

Sebagai upaya keamanan, para pemilik hewan yang dinyatakan positif COVID-19 diminta tidak melakukan kontak dengan hewan peliharaannya. Kurangi juga kontak fisik hewan peliharaan dengan orang yang belum mendapatkan vaksin COVID-19.

"Selain itu, hindari kontak dengan hewan penularan yang terinfeksi COVID-19. Lalu membawa hewan peliharaan ke dokter hewan apabila menunjukkan gejala COVID-19," saran Wiku Adisasmito.

Kecemasan penularan COVID-19 dari hewan menyeruak setelah kabar adanya dua harimau Sumatera di Taman Margasatwa Ragunan (TMR) Jakarta, Tino dan Hari terpapar COVID-19.

Kepala Dinas Pertamanan dan Hutan Kota DKI Jakarta Suzi Marsitawati mengungkapkan, awalnya harimau Sumatera Tino yang pertama kali mengalami gejala COVID-19 pada 9 Juli 2021. Dua hari kemudian, harimau Hari mengalami gejala COVID-19.

Menyikapi hal itu, Dinas Pertamanan dan Hutan Kota DKI Jakarta melakukan tes swab.

"Pada tanggal 14 Juli, kami lakukan pengambilan sampel dengan di-swab kemudian dikirim ke laboratorium Pusat Studi Satwa Primata, IPB Bogor. Lalu, hasilnya keluar tanggal 15 Juli yang menyatakan bahwa kedua satwa tersebut terpapar COVID-19," kata Suzi.

Kini, kedua harimau sudah berangsur pulih dan tidak lagi menunjukkan gejala klinis sakit. Berdasarkan pengamatan pengelola, keduanya kembali lincah dan nafsu makan pulih.

3 dari 5 halaman

Penularan COVID-19 Lebih Banyak di Peternakan Bulu

Berdasarkan data OIE yang diperbarui pada Mei 2021, informasi tentang penularan SARS-CoV-2 antar hewan berkembang, terutama di lingkungan peternakan dan kebun binatang.

Berbagai studi infeksi eksperimental, seperti virus pernapasan lainnya, SARS-CoV-2 ditularkan ke hewan dan antar hewan melalui kontak langsung, misalnya, tetesan/air liur. Faktor lain juga dipengaruhi aerosol yang dapat bertahan di lingkungan tertutup untuk beberapa waktu.

SARS-CoV-2 pun telah ditemukan dalam sekresi dari saluran pernapasan dan feses hewan. Hewan yang terinfeksi COVID-19 menunjukkan adanya virus Sars-CoV-2 pada saluran pernapasan.

Dalam beberapa kasus, lesi di trakea dan paru-paru terkait dengan dispnea (sesak napas) dan batuk. Ada laporan tentang hewan pendamping dan hewan liar penangkaran yang terinfeksi SARS-CoV-2.

Hingga saat ini, SARS-CoV-2 diketahui telah memengaruhi peternakan bulu (mink farms) di banyak negara, dengan beragam derajat morbiditas dan mortalitas. 

Peternakan bulu atau rambut hewan adalah praktik memelihara hewan spesies tertentu dengan tujuan dimanfaatkan rambutnya sebagai bahan-bahan industri. Beberapa spesies hewan yang paling sering, yaitu cerpelai, chinchilla, kelinci, rubah, dan koyote.

4 dari 5 halaman

Jenis Hewan yang Terinfeksi COVID-19

Data OIE yang diperbarui pada Mei 2021 juga mendata jenis hewan yang terinfeksi COVID-19. Penularan yang terjadi juga terjadi antar hewan.

Berikut ini jenis hewan yang dimaksud:

Hewan Peternakan

  • Peternakan bulu Amerika
  • Ferret
  • Anjing rakun
  • Kelinci (kelinci putih Selandia Baru)
  • Babi (persilangan Amerika Yorkshire dan skrofa)
  • Lembu
  • Unggas (ayam, bebek, kalkun)

Hewan Peliharaan

  • Kucing
  • Hamster Suriah
  • Anjing

Satwa Liar

  • Kucing besar (harimau, singa,macan tutul salju, puma)
  • Kelelawar buah Mesir
  • Gorila
  • Rusa ekor putih
  • Marmoset
  • Kera
  • Berang-berang Asia
  • Hewan pengerat (tikus)
  • Rusa tikus Amerika Utara
5 dari 5 halaman

Infografis Selalu Waspada Penularan Covid-19 Melalui Droplet

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.