5 Makanan Sederhana Ini Ternyata Tinggi Protein, Cocok untuk Diet

Oleh Novia Harlina pada 04 Agu 2021, 16:00 WIB
Diperbarui 04 Agu 2021, 16:00 WIB
Ilustrasi Telur Rebus
Perbesar
Ilustrasi telur rebus. (dok. Unsplash.com/@almapapi)

Liputan6.com, Jakarta - Menjalani hidup sehat bisa dikatakan susah-susah gampang. Seringkali ketika memutuskan untuk hidup sehat dengan tujuan menurunkan berat badan, seseorang melupakan asupan protein

Padahal, di luar sana banyak makanan yang mengandung tinggi protein yang baik bagi pertumbuhan otot yang kian memudahkan orang untuk menurunkan berat badan.

Dikutip dari situs Health pada Selasa, 3 Agustus 2021, ada beberapa jenis makanan alternatif berprotein tinggi yang cepat, mudah, dan serbaguna. Tentu saja ini sangat cocok buat Anda yang menyukai sesuatu yang tidak ribet untuk disantap.

1. Lentil

Salah satu jenis kacang yang mempunyai kandungan protein tinggi ini banyak dijumpai dalam masakan khas Timur Tengah. Selain itu lentil juga sangat bagus untuk kesehatan. Cocok buat Anda yang sedang menurunkan berat badan.

Anda dapat membeli lentil kukus siap makan di banyak pasar. Satu cangkir menyediakan sekitar 18 gram protein, bersama dengan 16 gram serat, dan sejumlah besar vitamin, mineral, dan antioksidan.

2. Telur rebus

Jika sebelumnya Anda suka menyajikan telur dalam bentuk didadar atau mata sapi, tidak ada salahnya kini mencicipinya dengan cara direbus.

Setiap telur utuh menyediakan sekitar enam gram protein, jika Anda berhasil makan tiga butir telur rebus dalam satu hari tentunya konsumsi protein sudah 18 gram.

Banyak orang mengira kolesterol dalam kuning telur memiliki sedikit dampak negatif pada kolesterol darah. Faktanya, satu penelitian menemukan orang dewasa yang mengonsumsi hingga tiga butir telur utuh per hari dapat meningkatkan kadar kolesterol HDL 'baik' dan menurunkan LDL 'jahat'.

Kuning telur juga mengandung sebagian besar nutrisi telur, mengemas setidaknya 90 persen atau semua kolin, vitamin D, kalsium, zat besi, seng, vitamin B12, antioksidan, dan asam lemak omega-3.

Jadi, mulai dari sekarang jangan dibuang kuning terlunya agar asupan nutrisi untuk tubuh semakin tepenuhi.

 

Scroll down untuk melanjutkan membaca

3. Bubuk Protein Nabati

Makanan olahan lainnya yang dapat dibuat dengan bahan-bahan sederhana dalam berbagai cara adalah bubuk protein nabati.

Satu sendok bubuk protein nabati dapat menyediakan setidaknya 20 gram protein, dengan sedikit karbohidrat dan lemak.

Selain dikocok menjadi smoothie, Anda juga bisa menambahkan bubuk protein nabati tanpa rasa untuk meningkatkan kandungan protein oatmeal dan oat, pancake pisang, dan sup gurih.

 

Scroll down untuk melanjutkan membaca

4. Kacang Polong

Memang tidak semua orang menyukai kacang-kacangan untuk beberapa alasan, salah satunya takut jerawatan.

Tahukah Anda, satu cangkir kacang panggang vegetarian organik mengandung sekitar 12 gram masing-masing protein dan serat.

Kacang polong juga sumber serat dan protein yang dapat memenuhi kebutuhan harian tubuh. Bukan hanya itu, kacang ini menyimpan banyak senyawa antioksidan yang punya manfaat untuk menangkal serangan radikal bebas.

 

Scroll down untuk melanjutkan membaca

5. Yogurt

Yoghurt dapat menjadi sumber protein siap saji yang baik, satu wadah individu dari varietas nabati menyediakan 11-14 gram protein. Hal yang hebat tentang yogurt adalah Anda dapat menikmatinya dengan rasa manis atau gurih.

Untuk versi manis, Anda dapat menambahkan buah segar, kacang-kacangan atau biji-bijian, siraman sirup mapel, sejumput kayu manis, dan taburan jahe parut segar.

Untuk pilihan gurih, tambahkan bawang putih, ladas segar, cuka anggur merah, garam laut, dan lada hitam, lalu campur dengan sayuran seperti irisan mentimun, tomat, dan sedikit bawang merah.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Infografis Cara Aman Pesan Makanan via Online dari Covid-19

Infografis Cara Aman Pesan Makanan via Online dari Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)
Perbesar
Infografis Cara Aman Pesan Makanan via Online dari Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)
Scroll down untuk melanjutkan membaca

Simak Video Berikut Ini

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya