PPKM Level 4 Diperpanjang, Menkes Budi: Fokus Testing dari Lacak Kontak

Oleh Fitri Haryanti Harsono pada 03 Agu 2021, 12:25 WIB
Diperbarui 03 Agu 2021, 12:25 WIB
Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin
Perbesar
Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin (Dok Kementerian Kesehatan RI)

Liputan6.com, Jakarta Guna mendukung kebijakan perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4 hingga 9 Agustus 2021, Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin menyampaikan, pemeriksaan (testing) COVID-19 berfokus pada pelacakan kontak erat.

"Kami akan konsentrasi meningkatkan jumlah testing untuk men-support (dukung) protokol kesehatan dan perubahan level PPKM. Jumlah testing akan sangat menentukan," ujar Budi Gunadi saat Konferensi Pers Virtual Evaluasi dan Penerapan PPKM pada Senin, 2 Agustus 2021 malam.

"Kami usahakan sebagian besar ini (testing) berdasarkan dari pelacakan kontak erat dan yang sekarang sedang diaktifkan, baik di Jawa dan Bali maupun di luar Jawa-Bali."

Kemenkes juga akan konsentrasi untuk mereplikasi upaya yang sudah dilakukan di Jawa dan Bali saat kenaikan pandemi COVID-19 yang cukup besar untuk diterapkan di luar Jawa dan Bali.

"Kita memahami bahwa sudah terjadi penurunan kasus aktif di Jawa dan Bali, tapi kita harus tetap waspada karena kita sama sekali tidak tahu perilaku dari virus ini," terang Budi Gunadi.

 

** #IngatPesanIbu 

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

#sudahdivaksintetap3m #vaksinmelindungikitasemua

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Tracing 10 Kontak Erat per Kejadian

FOTO: Puskesmas Cinere Tes PCR Warga yang Pernah Berhubungan dengan Pasien COVID-19
Perbesar
Paramedis melakukan kegiatan testing PCR kepada warga yang pernah berhubungan dengan pasien positif COVID-19 di Puskesmas Cinere, Depok, Jawa Barat, Kamis (10/6/2021). Testing setelah tracing dilakukan kepada puluhan warga untuk meminimalisir penyebaran COVID-19. (merdeka.com/Arie Basuki)

Menteri Koordinator Bidang Kemaritman dan Investasi RI Luhut B. Pandjaitan mengatakan, kegiatan 3T (testing, tracing, treatment) harus dilakukan secara sistematis dan masif.

“Pemerintah saat ini menargetkan untuk melakukan tracing kepada 10 kontak erat per kejadian kasus positif COVID-19, yang sudah mulai dijalankan oleh TNI dan Polri di lapangan," katanya.

"Jika ketiganya dapat dilakukan, maka penyebaran virus Corona dapat dikontrol, sehingga strategi reopening (pembukaan kembali) secara bertahap optimis dapat dilakukan."

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Infografis Sektor-Sektor Dilonggarkan Saat Level PPKM 3 dan 4

Infografis Sektor-Sektor Dilonggarkan Saat Level PPKM 3 dan 4. (Liputan6.com/Abdillah)
Perbesar
Infografis Sektor-Sektor Dilonggarkan Saat Level PPKM 3 dan 4. (Liputan6.com/Abdillah)
Scroll down untuk melanjutkan membaca

Simak Video Menarik Berikut Ini:

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya