Penonton pun Ikut Menangis Usai Greysia / Apriyani Rebut Emas Olimpiade

Oleh Benedikta Desideria pada 02 Agu 2021, 13:41 WIB
Diperbarui 02 Agu 2021, 13:51 WIB
Ekspresi Emas Greysia / Apriani
Perbesar
Ganda putri Indonesia Apriyani Rahayu (kiri) dan Greysia Polii berselebrasi setelah menang atas pasangan China pada final badminton ganda putri Olimpiade Tokyo 2020 di Musashino Forest Sport, Senin (2/8/2021). Indonesia mendapatkan medali emas pertama di Olimpiade Tokyo 2020 (Alexander NEMENOV/AFP)

Liputan6.com, Jakarta - Indonesia akhirnya mendapatkan medali emas di Olimpiade Tokyo 2020. Greysia Polii dan Apriani Rahayu berhasil menang dalam pertandingan final bulu tangkis melawan ganda putri asal China.

Greysia / Apriyani tampak menangis di arena usai mereka dinyatakan benar-benar menang. Dan, bukan saja mereka yang bermain, para penonton Indonesia yang menyaksikan dari layar kaca berjarak ribuan kilometer dari Tokyo pun ikut menangis.

Psikolog klinis Rukiana Hutagalung mengatakan ikut menangis usai Indonesia berhasil meraih medali emas Olimpiade dari Greysia/Apriani bukanlah hal berlebihan.

"Itu amat sangat wajar," katanya.

Hal ini bisa terjadi karena kita sebagai penonton merasa terkoneksi karena kesamaan identitas. Kemudian, muncul juga perasaan bahwa apa yang Greysia/Apriani lakukan adalah turut memerjuangkan kita yang sama-sama bangsa Indonesia di kancah internasional.

 

 

Simak Juga Video Berikut

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Punya Kecerdasan Emosial yang Baik

"Kemudian berkembang, penonton melepaskan hormon oksitosin yang membuat kita makin berempati kepada mereka. Sehingga kita makin mudah terkoneksi dengan Greysia / Apriyan ketika mereka menangis, penonton juga ikut merasakannya," kata psikolog lulusan Universitas Gadjah Mada Yogyakarta ini kepada Health Liputan6.com.

Rukiana mengatakan biasanya, penonton yang ikut menangis usai Indonesia dapat emas di Olimpiade Tokyo 2021 adalah mereka yang memiliki kecerdasan emosional yang baik.

"Jadi, mereka ini adalah orang yang menyadari betul emosinya," katanya.

Selamat Greysia/Apriani!

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Infografis Greysia Polii / Apriyani Rahayu Raih Medali Emas Olimpiade Tokyo 2020

Infografis Greysia Polii / Apriyani Rahayu Raih Medali Emas Olimpiade Tokyo 2020. (Liputan6.com/Abdillah)
Perbesar
Infografis Greysia Polii / Apriyani Rahayu Raih Medali Emas Olimpiade Tokyo 2020. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya