Sukses

Kehadiran Platform Digital Oneonco Bisa Jadi Wadah Informasi dan Layanan Penyakit Kanker

Berbagai stake holder kanker di Indonesia meluncurkan platform digital www.oneonco.co.id.

Liputan6.com, Jakarta Divisi Onkologi (One Onco) berkolabrasi dengan KlikDokter dan berbagai stake holder kanker di Indonesia meluncurkan platform digital www.oneonco.co.id.

Direktur P2PTM Kemenkes RI mengatakan penyakit kanker menjadi salah satu penyakit tidak menular yang angka prevalansi naik setiap tahun.

Secara global, Kementerian Kesehatan mencanangkan strategi 4 pilar dalam upaya menurunkan angka kejadian serta kesakitan akibat kanker di Indonesia yang meliputi:

1. Peningkatan cakupan vaksinasi sebagai perlindungan, khususnya untuk pencegahan kanker serviks.

2. Penyebarluasan informasi secara massif terkait pengobatan kanker berbasis medis

3. Peningkatan cakupan deteksi dini kanker

4. Perbaikan terus menerus fasilitas kesehatan dan modalitas lain di bidang kanker

Untuk itu, Kementerian Kesehatan memberikan dukungannya pada website ini. “Kementerian Kesehatan menyambut baik kehadiran platform digital www.oneonco.co.id yang dapat menjadi wadah edukasi dan informasi seputar penyakit kanker serta memberikan layanankonsultasi seputar kanker secara daring," katanya, melalui keterangan pers, ditulis Minggu (31/7/2021).

 

Simak Video Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Cara deteksi dini kanker payudara

dr. Andhika Rachman, Sp.PD-KHOM juga mengatakan penyakit kanker dapat di cegah dengan cara deteksi dini kanker. Deteksi dini kanker ada beberapa macam, diantaranya untuk penyakit kanker payudara (breast cancer) deteksi dini dengan melakukanSADARI (Periksa Payudara Sendiri) yang dapat dilakukan oleh seorang wanita yang sudah menstruasi.

"SADARI dapat dilakukan setiap H+10 setelah menstruasi. Ia juga menambahkan tidak mengkonsumsi alkohol, tidak merokok, tidak stress, melakukan dietseimbang, berat badan ideal, melakukan pemeriksaan secara berkala, rajin berolahraga, istirahat yang cukup dan mengkonsumsi makanan yang bergizi dan seimbang untuk mencegah penyakit kanker," ujarnya.

 

3 dari 4 halaman

Solusi informasi kanker

Sementara itu, Mulia Lie, Direktur PT Kalbe Farma Tbk mengatakan, saat ini ekosistem Oneonco.co.id ini sudah dapat memberikan solusi antara lain :

- Akses informasi seputar kanker yang terpercaya (Anti Hoaks),

- Akses konsultasi seputar kanker secara online yang didukung oleh KlikDokter,

- Akses deteksi dinikanker yang lengkap & terjangkau yang didukung oleh para mitra fasilitas kesehatan, dan

- Akses direktori layanan kanker yang terdiri dari fasilitas kesehatan dengan berbagai modalitas di bidang onkologi, tenaga kesehatan di bidang onkologi serta informasi seputar komunitas kanker.

 

4 dari 4 halaman

Infografis Hidup Sehat Hindari Kanker

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.