Kenali 4 Jenis Lemak Tubuh yang Berbahaya

Oleh Fitri Syarifah pada 01 Agu 2021, 07:00 WIB
Diperbarui 01 Agu 2021, 07:00 WIB
Ilustrasi lemak tubuh
Perbesar
Ilustrasi lemak tubuh. Photo by Sean S on Unsplash

Liputan6.com, Jakarta Anda mungkin sudah tahu kalau penumpukan terlalu banyak lemak di dalam tubuh bisa berbahaya bagi kesehatan Anda. 

Dilansir dari TimesofIndia, distribusi lemak dipengaruhi oleh faktor-faktor yaitu usia, jenis kelamin, tingkat hormon dan gen. Mungkin banyak yang tidak menyadari, namun ada empat jenis lemak dasar dan masing-masing terletak di bagian tubuh yang berbeda. Selain itu, tidak semua jenis lemak sama dan bertindak dengan cara yang sama. Berikut adalah pengkategorian lemak.

1. Lemak subkutan

Jenis lemak ini berada di atas otot, tepat di bawah kulit. 90 persen lemak tubuh kita adalah subkutan, yang terbuat dari kombinasi sel lemak cokelat, krem, dan putih. Jenis lemak ini dapat dengan mudah terjepit di lengan, perut, paha atau bokong. Kehadiran lemak subkutan dalam jumlah tertentu dianggap normal dan sehat. Namun, jika jumlahnya terlalu banyak dapat menyebabkan ketidakseimbangan tingkat hormon dan sensitivitas.

 

Scroll down untuk melanjutkan membaca

2. Lemak visceral

Diantara semua jenis lemak dasar, lemak visceral adalah jenis lemak yang paling berbahaya yang terakumulasi dalam tubuh. Jenis lemak ini berada jauh di daerah perut, mengelilingi organ-organ seperti ginjal, usus, jantung dan lain-lain. Itu sebabnya ia juga dikenal sebagai lemak perut. Terlalu banyak lemak visceral di perut seseorang dapat menyebabkan peningkatan risiko diabetes, penyakit jantung, stroke, penyakit arteri, dan beberapa jenis kanker. Jenis lemak ini tidak dapat disentuh karena berada jauh di bawah jaringan dan hanya dapat dirasakan.

 

Scroll down untuk melanjutkan membaca

3. Brown fat atau brown adipose tissue (BAT)

Brown fat banyak ditemukan pada bayi. Orang dewasa juga memiliki jenis lemak ini, tetapi dalam jumlah kecil di sekitar bahu dan dada. Ini adalah jenis lemak khusus yang membantu tubuh membakar kalori ekstra agar tetap hangat. Penelitian menunjukkan bahwa suhu dingin dapat mengaktifkan brown fat dan membantu Anda membakar lebih banyak kalori. Maka dari itu brown fat juga disebut lemak baik.

4. Lemak esensial

Seperti namanya, jenis lemak ini diperlukan untuk kehidupan dan tubuh yang sehat. Lemak esensial banyak ditemukan di otak, sumsum tulang, saraf dan membran yang melindungi organ tubuh. Jenis lemak ini bertanggung jawab untuk pengaturan hormon yang mengontrol kesuburan, penyerapan vitamin, dan pengaturan suhu. Menurut American Council on Exercise, seorang wanita dianggap sehat jika 10 hingga 13 persen komposisi tubuhnya berasal dari lemak esensial, sedangkan untuk pria 2 hingga 5 persen.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

[INFOGRAFIS] Obesitas Mengancam Miliaran Penduduk Dunia

[INFOGRAFIS] Obesitas Mengancam Miliaran Penduduk Dunia
Perbesar
Obesitas atau kelebihan lemak pada tubuh menjadi ancaman penduduk dunia.
Scroll down untuk melanjutkan membaca

Simak Video Berikut Ini:

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya