Sukses

Stok Obat Pasien Isolasi COVID-19 di Asrama Haji Donohudan Boyolali Aman

Stok obat pasien isolasi COVID-19 di Asrama Haji Donohudan Boyolali aman.

Liputan6.com, Boyolali Stok obat pasien isolasi COVID-19 di Asrama Haji Donohudan, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah aman. Tidak ada kekurangan obat, distribusi berjalan lancar.

Ketua Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 Ganip Warsito mendampingi Panglima TNI Hadi Tjahjanto meninjau tempat isolasi terpusat Asrama Haji Donohudan.

Tujuan peninjauan, selain ingin memastikan penanganan pasien COVID-19 berjalan dengan baik juga menjamin pendistribusian obat-obatan penunjang pemulihan pasien COVID-19 dapat terlaksana dan terpenuhi.

"Saya ingin menanyakan kepada bapak-bapak dan ibu sekalian yang sedang melaksanakan isolasi terpusat apakah obat itu diberikan kepada Bapak Ibu sekalian secara rutin silahkan dijawab,” tanya Panglima Hadi dalam dialog singkat dengan pasien.

Serempak pasien menjawab, obat terapi COVID-19 diberikan secara rutin selama isolasi. Kunjungan dokter baik yang dilakukan melalui CCTV atau melalui WhatsApp juga telah dilaksanakan.

“Obat-obatan sudah diberikan ya. Aman ya,” terang Panglima TNI Hadi Tjahjanto di Asrama Haji Donohudan pada Minggu, 25 Juli 2021.

Kunjungan kerja ke Asrama Haji Donohudan yang menampung pasien COVID-19 tanpa gejala (OTG) dan bergejala ringan dari Solo Raya dan beberapa wilayah di Jawa Tengah itu merupakan kali kedua yang dilakukan Panglima Hadi dan Ganip Warsito.

 

 

** #IngatPesanIbu 

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

#sudahdivaksintetap3m #vaksinmelindungikitasemua

Simak Video Menarik Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pesan 'Getok Tular' dan Kontrol Rutin Pasien Isoman

Panglima TNI Hadi juga meminta para pasien OTG yang tengah menjalani perawatan dapat menyampaikan pesan secara 'getok tular’ (pesan berantai) kepada kolega lainnya yang kebetulan menjalani isolasi mandiri di rumah dan bergejala ringan. Kemudian bersedia dirawat di Asrama Haji Donohudan.

Selain bertujuan untuk lebih menjamin keselamatan dan kesehatan, perawatan intensif di tempat isolasi terpusat juga dapat mencegah dan menekan angka kasus fatality rate.

“Sampaikan ke temen-temennya. Kalau ada yang bergejala dari hasil swab PCR atau antigen, wis ke sini saja. Ya seperti itu. 'Getok Tular' seperti itu. Disampaikan,” lanjut Panglima Hadi melalui keterangan resmi yang diterima Health Liputan6.com.

Panglima Hadi juga telah meminta agar Babinsa dan Bhabinkamtibmas, dibantu Dinas Kesehatan setempat bersama unsur Forkopimda selalu mengontrol secara rutin bagi masyarakat yang menjalani isolasi mandiri di rumah.

Sehingga pasien dapat tertangani dengan baik dan angka kematian akibat COVID-19 dapat ditekan.

3 dari 4 halaman

Bersiap Jadi RS Darurat COVID-19

Berdasarkan data sementara dari Dinas Provinsi Jawa Tengah per Minggu (25/7/2021), jumlah akumulasi pasien yang pernah dirawat di Asrama Haji Donohudan telah mencapai 4.773 orang.

Pasien pulang ada sebanyak 4.413 orang dan yang dirujuk 74 orang.

Adapun kapasitas tempat isolasi terpusat Asrama Haji Donohudan sebanyak 684 orang di Gedung Makkah. Saat ini, ada 286 orang yang sedang menjalani perawatan.

Pemerintah Provinsi Jawa Tengah juga tengah mengembangkan Gedung Madinah di Asrama Haji Donohudan sebagai RS Darurat COVID-19 yang didukung oleh Kementerian PUPR.

Sebagai pengampunya adalah dari Rumah Sakit Dr. Moewardi Surakarta. Pengerjaan tersebut sudah berjalan selama satu minggu dengan target penyelesaian sampai akhir Juli 2021.

4 dari 4 halaman

Infografis Harga Eceran Tertinggi Obat dalam Masa Pandemi Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.