Pesan Jokowi di Hari Anak Nasional: Harus Semangat Belajar dan Pakai Masker

Oleh Fitri Haryanti Harsono pada 23 Jul 2021, 13:20 WIB
Diperbarui 23 Jul 2021, 13:48 WIB
Presiden Joko Widodo (Jokowi)
Perbesar
Presiden Joko Widodo (Jokowi). (Biro Pers, Media dan Informasi (BPMI) Sekretariat Presiden)

Liputan6.com, Jakarta Pada peringatan Hari Anak Nasional 2021, Presiden Joko Widodo (Jokowi) berpesan, anak-anak harus semangat belajar dan selalu menerapkan protokol kesehatan. Salah satunya, memakai pakai masker bila keluar rumah.

Pesan itu disampaikan Jokowi saat menyapa siswa-siswa SD Sudimara, Cilongok, Banyumas, Jawa Tengah secara virtual hari ini, 23 Juli 2021. Ia juga mengingatkan anak-anak mencuci tangan dengan sabun dan menjaga jarak.

“Anak-anakku, anak-anakku semua masa depan Indonesia. Harus semangat belajar, riang gembira, rajin beribadah," pesan Jokowi sembari tersenyum.

"Sehabis kegiatan, cuci tangan pakai sabun, jangan lupa juga menjaga jarak. Dan juga mengingatkan kepada teman-temannya, kepada tetangganya untuk selalu memakai masker ya kalau keluar rumah."

Selain itu, Jokowi meminta anak-anak tetap berdoa, memohon perlindungan di tengah pandemi COVID-19.

"Jangan lupa berdoa kepada Allah SWT. Berdoa untuk memohon perlindungan bagi kita semua, bagi bangsa Indonesia. Selamat Hari Anak Nasional untuk semua anak-anakku di Indonesia. Anak-anak terlindungi, Indonesia Maju,” ujarnya.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Tetap Semangat Belajar Meski di Rumah

Hari Pendidikan Nasional, Begini Semangat Para Ibu Berantas Buta Aksara
Perbesar
Ibu rumah tangga saat kegiatan gerakan berantas buta aksara di Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Lentera Pustaka, Bogor, Minggu (2/5/2021). TBM Lentera Pustaka yang berada di kaki Gunung Salak ini mengajarkan puluhan ibu-ibu yang buta aksara sebanyak dua kali dalam seminggu. (merdeka.com/Arie Basuki)

Jokowi mengungkapkan, dirinya memahami jika situasi pandemi COVID-19 telah membuat anak-anak tidak bisa pergi ke sekolah. Kegiatan belajar mengajar harus dilakukan secara daring.

“Selama pandemi, saya juga tahu anak-anak menjadi sering di rumah. Tidak pergi ke sekolah. Saya titip, anak-anak harus tetap semangat belajar. Tetap belajar meskipun tidak di sekolah,” ujar Presiden dari Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat.

Salah seorang anak menanggapi, “Pak, saya ingin (sekolahnya) tatap-muka, Pak. Kalau kelamaan di rumah, (jadi) jenuh,” ungkap Imelda.

Menjawab hal tersebut, Jokowi menjelaskan, sebelumnya pemerintah telah merencanakan untuk membuka sekolah tatap muka pada bulan Juli 2021 ini. Namun, karena jumlah kasus aktif COVID-19 melonjak, rencana tersebut terpaksa ditunda, sambil menunggu situasi.

“Kalau pandemi virus Corona ini sudah membaik, sudah turun (jumlah kasus aktifnya). Nah, kita akan buka belajar tatap-muka. Begitu,” jelasnya.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Infografis Plus Minus Belajar dari Rumah Secara Online

Infografis Plus Minus Belajar dari Rumah Secara Online. (Liputan6.com/Trieyasni)
Perbesar
Infografis Plus Minus Belajar dari Rumah Secara Online. (Liputan6.com/Trieyasni)
Scroll down untuk melanjutkan membaca

Saksikan Video Menarik Berikut Ini:

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya