Sukses

Imunitas Ibu Hamil Turun Drastis, Dokter Imbau Jangan Ragu Vaksinasi COVID-19

Prof. Dr. dr Dwiana Ocviyanti, SpOG(K), MPH dari Departemen/KSM Obstetri dan Ginekologi Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia mengimbau para ibu hamil untuk tidak ragu untuk vaksinasi COVID-19.

Liputan6.com, Jakarta Prof. Dr. dr Dwiana Ocviyanti, SpOG(K), MPH dari Departemen/KSM Obstetri dan Ginekologi Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia mengimbau para ibu hamil agar tidak ragu vaksinasi COVID-19.

“Jangan takut vaksinasi, kita sangat memerhatikan mana ibu hamil yang boleh mana yang tidak. Kita sudah mendapat data dunia bahwa sangat kecil risiko atau tidak ada risiko bagi ibu hamil maupun janin,” kata Dwiana dalam seminar daring Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN), Kamis (22/7/2021).

Ia menambahkan, ibu hamil memiliki kerentanan yang tinggi terhadap penularan COVID-19 karena daya tahan tubuhnya turun drastis ketimbang orang pada umumnya.

Masa inkubasi virus penyebab COVID-19 rata-rata 5-6 hari dan virus dapat berpindah dari satu orang ke orang lain hanya dalam hitungan detik.

“Pada saat muncul gejala, dalam 5 hari ke belakang orang tersebut sudah menulari. Karena itu, kita tidak bisa mempercayai siapa pun yang memang tidak serumah dengan kita.”

Simak Video Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Risiko Tinggi Gejala Berat

Dwiana juga menjelaskan, ibu hamil memiliki kemungkinan risiko yang lebih tinggi untuk memiliki COVID-19 dengan gejala berat dibandingkan dengan ibu yang tidak hamil.

“Pernah suatu pagi ada dua ibu hamil 7 dan 8 bulan datang ke rumah sakit dan tak sampai 2-3 jam bayinya tidak dapat diselamatkan kemudian ibunya pun meninggal karena kondisinya sudah sangat buruk.”

Risiko gejala parah lebih tinggi lagi jika ibu hamil memiliki penyakit penyerta atau komorbid. Penyakit penyerta tak melulu terkait jantung, diabetes, dan darah tinggi tapi juga berupa obesitas, terlalu kurus, dan anemia.

3 dari 4 halaman

Efek Samping pada Janin

Efek samping yang cepat terlihat dari infeksi COVID-19 pada ibu hamil dan janin adalah persalinan prematur atau persalinan sebelum waktunya.

“Ini saja sudah meningkatkan risiko bayi lahir stunting, apalagi jika ibu sakit dan bayi mengalami kekurangan oksigen di dalam kandungan.”

Sejauh ini, belum ada bukti bahwa infeksi COVID-19 dari ibu dapat menular ke bayi melalui plasenta. Belum ada bukti pula terkait infeksi vertikal dari ibu ke bayi melalui asi jika proses menyusuinya dilakukan dengan baik, tutup Dwiana.

4 dari 4 halaman

Infografis Stunting, Ancaman Hilangnya Satu Generasi

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.