Psikolog Ungkap 5 Manfaat Hebat Meditasi Pernapasan untuk Jaga Kesehatan Mental

Oleh Ade Nasihudin Al Ansori pada 24 Jul 2021, 20:00 WIB
Diperbarui 24 Jul 2021, 20:00 WIB
Ilustrasi Meditasi
Perbesar
Pentingnya Persiapkan Mental Sebelum Mulai Berolahraga, Apa Saja Kiatnya? (dok. Cliff Booth via Pexels/ Brigitta Bellion)

Liputan6.com, Jakarta Psikolog dari aplikasi konseling Riliv, Prita Yulia Maharani, menerangkan 5 manfaat meditasi pernapasan.

Menurutnya, meditasi pernapasan adalah teknik meditasi yang mendorong seseorang untuk mengatur pernapasan.

“Ketika Anda menarik dan mengeluarkan napas, pada saat inilah Anda akan melepaskan semua beban yang ada di pikiran. Setelah melakukan meditasi Anda bisa merasa lebih tenang. Sebenarnya, meditasi pernapasan merupakan jenis meditasi yang paling dasar dan paling umum dilakukan,” kata Prita mengutip keterangan pers, Rabu (21/7/2021).

Ia menambahkan, meditasi pernapasan tidak sulit dilakukan dan hanya memakan waktu 3 hingga 5 menit.

Walau sederhana, meditasi ini memiliki 5 manfaat yang besar yakni meningkatkan mood, memperbaiki kualitas tidur, melancarkan pencernaan, meningkatkan konsentrasi, dan meningkatkan ketenangan batin.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Meningkatkan Mood

Kesibukan sehari-hari membuat tubuh lelah dan ini berdampak pada mood yang memburuk dan emosi yang tidak stabil. Padahal, penting untuk bisa mengendalikan setiap emosi yang muncul, mulai dari emosi marah, senang, sedih, hingga kecewa.

Meditasi pernapasan dapat meningkatkan mood dan melatih kemampuan regulasi emosi, kata Prita.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Memperbaiki Kualitas Tidur

Tak hanya berdampak pada buruknya mood, kesibukan sehari-hari bagi sebagian orang dewasa juga menyebabkan sulit tidur nyenyak.

Tidur dengan kualitas yang baik kadang sulit didapatkan walau tubuh sudah lelah karena seharian bekerja. Salah satu faktor yang menyebabkan sulit tidur adalah banyaknya beban pikiran.

“Entah kenapa saat mau tidur, rasanya otak tidak mau berhenti berpikir. Ini semua bisa diatasi jika Anda menyempatkan diri untuk melakukan meditasi pernapasan sebelum tidur.”

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Melancarkan Pencernaan

Prita juga menyebut bahwa kesibukan dan berbagai tekanan hidup dapat membuat sebagian orang mengalami gangguan pencernaan seperti sembelit.

Hal ini bisa diatasi dengan melakukan meditasi pernapasan. Meditasi ini terbukti membuat kondisi perut menjadi lebih tenang dan nyaman.

“Selain itu, saat melakukan meditasi, proses penyerapan makanan di dalam perut bekerja secara optimal.”

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Meningkatkan Konsentrasi

Ketika tubuh mulai lelah, sebagian orang dapat mengalami hilang fokus atau sulit berkonsentrasi. Untuk mengembalikan fokus, Prita menyarankan meditasi pernapasan.

“Ini semua juga bisa diatasi dengan melakukan meditasi loh! Meditasi pernapasan terbukti dapat meningkatkan daya ingat, konsentrasi, dan memperkuat durasi fokus saat beraktivitas.”

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Meningkatkan Ketenangan Batin

Manfaat lain dari meditasi pernapasan adalah membuat jiwa dan pikiran menjadi lebih segar, tenang, dan damai.

“Perasaan tenang ini membuat Anda menjadi lebih sabar, pemaaf, dan bijaksana dalam berperilaku karena Anda benar-benar menyadari konsekuensi seperti apa yang akan Anda dapatkan dari perilaku tersebut,” tutup Prita.

 

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Infografis 4 Tips Jaga Kesehatan Mental Saat Pandemi COVID-19

Infografis 4 Tips Jaga Kesehatan Mental Saat Pandemi Covid-19. (Liputan6.com/Trieyasni)
Perbesar
Infografis 4 Tips Jaga Kesehatan Mental Saat Pandemi Covid-19. (Liputan6.com/Trieyasni)
Scroll down untuk melanjutkan membaca

Simak Video Berikut Ini

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya