Sukses

Susu Kental Manis, Ketahui Sejarah & Manfaatnya

Susu Kental Manis Frisian Flag Gold bisa dijadikan sebagai topping untuk menambah kenikmatan dan kelezatan sarapan keluarga.

Liputan6.com, Jakarta Susu Kental Manis merupakan salah satu produk yang sering digunakan sebagai pelengkap kuliner. Tak jarang, susu kental manis digunakan untuk bahan campuran saat menghidangkan sarapan keluarga.

Nah sebelum membahas tentang manfaat dan multikreasi resep sarapan nikmat yang dibuat dari bahan susu kental manis, yuk kenali dulu apa sih sebenarnya susu kental manis itu?

Susu kental manis, sejarah awal kemunculannya, baca di sini.

Pada dasarnya, semua produk atau bahan pelengkap makanan dan minuman dibuat, harus memenuhi standar keamanan yang berlaku. Di Indonesia standar keamanan tersebut ditentukan dari lembaga Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

 

Baca juga:

 

Berdasarkan Peraturan Kepala BPOM Nomor 21 Tahun 2016, susu kental manis adalah produk susu berbentuk cairan kental yang diperoleh dengan menghilangkan sebagian air dari campuran susu dan gula hingga mencapai tingkat kepekatan tertentu.

Selain itu yang harus kamu ketahui juga bahwa penggunaan gula telah memenuhi standar pembuatan susu kental manis yang dimanfaatkan untuk meningkatkan umur simpan. Dalam hal ini, gula memiliki sifat higroskopis yang dapat menghambat tumbuhnya bakteri dan fermentasi pada produk susu.

Berdasarkan Peraturan Kepala BPOM Nomor 21 Tahun 2016, susu kental manis adalah produk susu berbentuk cairan kental yang diperoleh dengan menghilangkan sebagian air dari campuran susu dan gula hingga mencapai tingkat kepekatan tertentu.

Selain itu yang harus kamu ketahui juga bahwa penggunaan gula telah memenuhi standar pembuatan susu kental manis yang dimanfaatkan untuk meningkatkan umur simpan. Dalam hal ini, gula memiliki sifat higroskopis yang dapat menghambat tumbuhnya bakteri dan fermentasi pada produk susu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Sekilas Sejarah Susu Kental Manis

Mengonsumsi susu bukan menjadi hal yang baru. Mengutip laman Courses Lumenlearning, diketahui bahwa peternakan sapi sudah ada sejak 4500 tahun sebelum masehi, tepatnya di Basin Carpathia (Hongaria), saat Revolusi Neolitik atau Revolusi Pertanian.

Berdasarkan bukti prasejarah seperti dijelaskan di laman ncbi disebutkan bahwa peternakan sapi perah berkembang dengan cara yang berbeda, tergantung dari daerah atau lingkungan hewan itu tinggal. Melihat hewan yang dapat dijadikan sumber makanan dan seiring berjalannya waktu dan perkembangan teknologi, manusia pun mulai memikirkan, bagaimana caranya susu dapat disimpan untuk waktu yang lebih lama.

 

Baca juga:

 

Nah seperti dijelaskan sebelumnya bahwa susu kental manis adalah salah satu produk susu yang memiliki umur simpan yang panjang. Lalu bagaimana sejarahnya? Laman Madehow menjelaskan, susu kental manis pertama kali diperkenalkan pada 1852 oleh seorang peternak sapi perah bernama Gail Borden.

Suatu hari, ketika Borden dalam perjalanan menggunakan kapal laut dari sebuah pameran besar di London menuju Amerika Serikat, dia melihat banyak sapi-sapi. Saat itu, kondisi laut dengan ombak yang cukup besar membuat sapi-sapinya mabuk laut. Borden tahu, jika sapi stres, maka sapi-sapi tersebut itu  tak bisa diperah.

Lantaran sempat berada dalam kondisi tersebut, Borden pun mulai berpikir, bagaimana caranya membuat susu bisa diproses dan dikemas agar tidak mudah rusak.  Kerusakan itu bukan hanya terjadi di perjalanan laut saja, tapi juga darat. Itu karena saat itu, susu dikirim menggunakan tong kayu yang sebenarnya dinilai tidak cukup higienis dan membuat susu cepat rusak.

Sesampainya di rumah, Borden pun mulai berkesperimen di laboratoriumnya, untuk mencari tahu cara mengawetkan susu. Borden pun memulai langkah pertamanya dengan merebus susu dalam panci vakum atau kedap udara.

Laman Thevintagenews menjelaskan, Borden mulai merebus susu dalam panci vakum dengan suhu 136 derajat fahrenheit atau sekitar 57 derajat celcius. Dengan cara tersebut, susu tetap terasa enak dan mempertahankan warnanya.

Namun yang lebih penting bagi Borden, susu kental yang tahan pembusukan. Dalam perjalanan menggunakan kereta api ke Washington DC, Borden mengajukan hak paten atas produk barunya itu dan secara tak sengaja bertemu dengan Jeremiah Milbank.

Dia adalah seorang pedagang grosir kaya raya dan ternyata Milbank terkesan dengan produk Borden. Hingga akhirnya, Milbank pun setuju untuk menjadi investornya dan membiayai pemroduksian susu kentalnya dengan nilai investasi US$ 100 ribu.

Kemudian pada 1864, beridirilah pabrik susu kental pertama di Croton River di bagian tenggara Kota New York, namun bukan atas namanya. Penjualan susu kental manis pun naik daun pabriknya ada di sekitar negara bagian New York dan Illinois.

3 dari 7 halaman

Pesanan Jumlah Banyak

Kemudian ketika Perang Saudara dimulai pada 1861, susu kental manis mendapatkan 'penggemar' baru. Ya, Borden mendapat pesanan dalam jumlah tinggi. Hal ini tentunya memajukan bisnisnya.

'Penggemar' barunya adalah Angkatan Darat Union (Union Army) yang memesan susu kental untuk diberikan kepada prajurit di lapangan.

Pada puncak perang, pabrik Borden's Elgin di Illinois pun mulai memproduksi 300 ribu galon susu kental. Dari Bordenlah mulai muncul pelaku bisnis di bidang yang sama dan memproduksi susu kental manis.

 

Baca juga:

  • Susu Kental Manis Frisian Flag Gold Lezatkan Sarapan Harian
  • Fakta Susu Kental Manis yang Sering Jadi Menu Sarapan Sehat
  • 5 Kreasi Susu Kental Manis Frisian Flag untuk Sarapan Pagi

 

Meski memproduksi produk yang sama, namun semua bahan utamanya sama. Adalah susu sapi. Itu karena susu sapi sudah memiliki berbagai zat penting, seperti protein dengan mutu yang sangat tinggi. Susu juga mengandung lemak, laktoga (gula dalam susu), vitamin, dan mineral.

Selain itu juga ada campuran garam (kalium fosfat) digunakan sebagai zat penstabil yang menjaga agar susu tidak rusak selama pemprosesan. Selain itu, vitamin D dan laktosa atau sejenis gula juga ditambahkan untuk meningkatkan umur simpan susu dan bebas dari kerusakan.

4 dari 7 halaman

Kandungan Susu Kental Manis Frisian Flag Gold

Susu Kental Manis Frisian Flag Gold misalnya yang mendapat kepercayaan keluarga turun temurun dari generasi ke generasi. Ya, rangkaian Susu Kental Manis Frisian Flag Gold diproduksi dengan bahan dasar susu menggunakan teknologi proses yang modern serta melalui sistem jaminan mutu dan keamanan produk.

Susu Kental Manis Frisian Flag Gold yang merupakan satu-satunya produk yang dibuat dari susu segar, terdapat zat gizi makro yaitu protein, karbohidrat dan lemak dan zat gizi mikro lain yang melengkapi adalah 9 vitamin, yaitu Vitamin A, Vitamin D13, Vitamin E, Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B3, Vitamin B6, Vitamin B12, serta mengandung 130 kkal per saset.

Selaras dalam mengonsumsinya untuk kreasi menu sarapan keluarga, penting juga diikuti dengan pola makan yang baik untuk mengatur asupan sesuai kebutuhan harian, serta olahraga teratur akan mendukung kesehatan keluarga.

5 dari 7 halaman

Manfaat Susu Kental Manis Frisian Flag Gold

Susu Kental Manis Frisian Flag melengkapi kebutuhan nutrisi dalam makanan sejak 1871 di dunia dan 1922 di Indonesia. Salah satu produk yang menjadi favorit keluarga adalah Susu Kental Manis Gold karena dapat dimanfaatkan sebagai pelengkap tambahan di makanan. Lalu apa saja sih manfaat Susu Kental Manis Frisian Flag Gold?

1. Untuk Olahan Makanan

Susu Kental Manis Frisian Flag Gold banyak digunakan sebagai bahan dalam kreasi berbagai macam makanan. Susu Kental Manis Frisian Flag Gold terasa lebih nikmat untuk dimanfaatkan sebagai topping di berbagai macam hidangan, seperti menu sarapan seperti roti panggang, pisang goreng, hingga berbagai variasi bubur tradisional.

Dengan menambahkan sebagai topping, susu kental manis mampu membuat rasa hidangan jadi terasa lebih gurih saat menyentuh lidah.

Konsistensi susu kental manis mampu membuat adonan dari tepung terigu menyatu dengan bahan-bahan lainnya secara merata, sehingga susu kental manis tidak pernah lewat masuk ke dalam buku resep.

2. Untuk Campuran Minuman

Bagi pecinta kuliner pastinya sering mencicipi aneka minuman kekinian yang sedang tren saat ini. Ya, Susu Kental Manis Frisian Flag Gold juga banyak digunakan ke berbagai macam minuman kekinian untuk menambah kelezatan cita rasa, seperti kopi dalgona, boba, mango smoothie, hingga ice coffee jelly.

6 dari 7 halaman

Resep Sarapan dengan Susu Kental Manis Frisian Flag Gold

Seperti dijelaskan sebelumnya bahwa Susu Kental Manis Frisian Flag diperuntukkan sebagai pelengkap sajian. Dapat juga dikombinasikan dengan bahan makanan lain untuk dikreasikan menjadi olahan lezat dan nikmat untuk sarapan keluarga Indonesia. Yuk simak tiga resep multikreasi sarapan berikut ini:

Roti Panggang Pisang

Bahan:

  • 4 lembar roti tawar
  • 1 buah pisang
  • 2 sdm selai kacang
  • 2 sdm Susu Kental Manis Frisian Flag Gold
  • 2 sdm mentega

Cara Membuat:

  • Siapkan roti tawar
  • Potong pisang sesuai selera
  • Oles roti dengan selai kacang, tambahkan pisang
  • Tambahkan Susu Kental Manis Frisian Flag Gold
  • Oles sisi luar roti dengan mentega
  • Panggang roti hingga matang kedua sisi
  • Potong roti sesuai selera

Cinnamon Toast

Bahan:

  • 2 lembar roti tawar
  • 1 sdt kayu manis bubuk
  • 125 ml Susu Kental Manis Frisian Flag Gold
  • 30 gr mentega

Bahan Saus Keju:

  • 150 ml air
  • 30 ml Frisian Susu Kental Manis Frisian Flag Gold
  • 1 sdm tepung maizena
  • 50 gr keju parut atau krim keju
  • 1 sdm krim keju
  • 1/2 sdt garam

Cara Membuat:

  • Tuang bahan saus keju, aduk rata
  • Tambahkan Susu Kental Manis Frisian Flag Gold
  • Masak saus keju hingga mengental
  • Campur Susu Kental Manis Frisian Flag Gold dan kayu manis
  • Oles campuran susu pada roti kedua sisi
  • Panaskan mentega, panggang roti dengan api kecil
  • Sajikan dengan saus keju

Boba Toast

Bahan:

  • 800 ml air
  • 200 gr tapioca pearl
  • 200 ml whipping cream
  • 75 ml cream cheese
  • 1/2 sdt garam
  • 60 ml Susu Kental Manis Frisian Flag Gold
  • 120 ml brown sugar syrup
  • 1 sdm mentega
  • Roti tawar iris tebal

Cara Membuat:

  • Panaskan air sampai mendidih, masukkan tapioca pearl
  • Setelah matang tutup panci diamkan 15 menit
  • Campurkan whipping cream, cream cheese, dan garam
  • Tambahkan Frisian Flag Full Cream Gold, aduk hingga mengental
  • Masukkan brown sugar syrup ke boba yang sudah direbus
  • Panaskan mentega hingga meleleh, panggang roti tawar hingga kuning keemasan
  • Sajikan roti di piring dan tambahkan cream cheese topping dan boba di atasnya
7 dari 7 halaman

Inovasi Kemasan Susu Kental Manis Frisian Flag

Selama ini kita tahu bahwa susu kental manis dikemas dalam sebuah kaleng yang sudah disterilisasi. Namun seiring perkembangan zaman dan kemajuan teknologi, kemasan susu kental manis pun ikut beradaptasi.

Dengan memegang unsur keekonomisan inilah, susu kental manis kini hadir dalam berbagai jenis kemasan yang bisa dipilih sesuai kebutuhan. Kental Manis Frisian Flag memiliki kemasan selain kaleng dalam bentuk sachet dan pouch.

Kemasan sachet sudah ada lebih dulu seperti susu kental manis dalam kaleng. Jadi bisa dikatakan pouch merupakan inovasi kemasan susu kental manis yang sangat praktis dan mudah digunakan. Salah satu keunggulan utama kental manis kemasan pouch adalah penggunaannya yang lebih mudah dituang.

Jadi, kamu tak perlu menggunakan peralatan apapun untuk membukanya. Cukup buka tutup kemasan kental manis pouch 560 gram dan 280 yang masih tersegel dan kamu bisa langsung menggunakannya.

Selain itu, untuk menuangkannya juga sangat mudah karena lubang pada kemasan sudah disesuaikan dan bisa dibuka tutup sehingga kamu tidak perlu menggunting kemasan untuk membukanya.

Kalau sudah selesai menggunakannya dan masih ada sisa, kamu cukup menutup kembali bagian penutup kemasannya tersebut. Kemasan kental manis yang mudah dituang ini bisa memudahkanmu saat sedang terburu-buru membuat sajian yang untuk keluarga.

Nah dengan kemasan yang praktis dari Susu Kental Manis Frisian Flag Gold, sekarang kamu lebih mudah kan kreasikan menu sarapan keluarga.

 

(*)

 

Baca juga:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini