Sukses

Lawan Kanker, Mark Hoppus Blink 182 Sebut Penyakitnya Pernah Dikalahkan Sang Ibu

Personel Blink 182 Mark Hoppus mengungkapkan kanker apa yang ia idap selama beberapa waktu terakhir

Liputan6.com, Jakarta Bassist dan vokalis grup band Blink 182, Mark Hoppus, baru-baru ini mengungkapkan bahwa ia tengah berjuang untuk melawan kanker. Ternyata kanker yang ia idap juga pernah dialami sang ibu.

"Klasifikasi saya adalah limfoma sel B besar difus stadium 4-A," kata Mark Hoppus dalam sebuah sesi tanya jawab virtual dengan penggemar Blink 182 dari Chili, dilansir dari USA Today, Jumat (16/7/2021).

"Yang berarti, sepemahaman saya, itu memasuki empat bagian tubuh saya yang berbeda," kata pria 49 tahun itu.

Menurut Mayo Clinic, limfoma sel B besar difus (diffuse large B-cell lymphoma/DLBCL), adalah jenis kanker yang dimulai di sel darah putih dan akhirnya bisa membentuk tumor di seluruh tubuh.

Hoppus mengatakan bahwa dia telah mendapatkan dukungan dari sang ibu, yang berhasil mengalahkan kanker dengan jenis serupa bertahun-tahun lalu.

 

Saksikan Juga Video Menarik Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Dapat Dukungan Sang Ibu

"Anehnya, kami memiliki bentuk kanker yang sama persis dengan yang dia miliki. Dan dia mengalahkannya," kata pria yang juga mendirikan duo Simple Creatures bersama pentolan grup band All Time Low, Alex Gaskarth, tersebut.

Bahkan menurut Hoppus, sang ibu sudah tiga kali mengalahkan kanker. "Dua kali untuk kanker payudara dan satu untuk kanker yang sama dengan yang saya miliki."

Selama kemoterapi, Hoppus pun tidak bisa bepergian ke luar rumah karena adanya risiko tinggi apabila dirinya terinfeksi COVID-19.

"Jumlah sel darah putih saya sangat rendah setelah kemo sehingga saya tidak boleh sakit, dan saya harus berhati-hati mengukur suhu dan memastikan saya tidak demam," ujarnya.

Meski begitu, Hoppus tetap optimistis dirinya bisa kembali pulih dari penyakit tersebut. "Kita akan kalahkan kanker ini," ujarnya. "Hanya masalah waktu."

 

3 dari 4 halaman

Jalani Kemotrapi Beberapa Bulan

Sebelumnya, Mark Hoppus mengungkapkan bahwa dirinya tengah menjalani kemoterapi selama beberapa bulan, akibat kanker yang ia alami.

"Ini menyebalkan dan saya takut, dan pada saat yang sama saya diberkati dengan dokter dan keluarga serta teman-teman yang luar biasa untuk membantu saya melewati ini," katanya.

Dikutip dari People, Hoppus menyatakan bahwa dia masih akan melakukan pengobatan untuk kanker selama beberapa bulan ke depan.

Pria asal California, Amerika Serikat ini pun mengatakan bahwa dirinya akan tetap berusaha dan tetap penuh harapan serta tetap positif. "Tidak sabar untuk bebas dari kanker dan sampai jumpa di konser dalam waktu dekat. Cinta buat kalian semua," ujarnya.

4 dari 4 halaman

Infografis Akar Bajakah dari Kalimantan Bisa Sembuhkan Kanker?

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.