Sukses

Perkuat 3T, TNI Siapkan 30 Ribu Tracer di Jawa-Bali

Upaya penguatan 3T, TNI menyiapkan lebih dari 30.000 tracer di Jawa-Bali.

Liputan6.com, Jakarta Tentara Nasional Indonesia (TNI) turut mendukung penguatan 3T (testing, tracing, treatment) terutama di Jawa dan Bali. Upaya ini salah satu upaya menekan angka penularan COVID-19.

Perihal penguatan tracing, Kepala Pusat Penerangan TNI Prantara Santosa mengatakan, Pusat Kesehatan TNI di wilayah Jawa-Bali menyiapkan, 30.000 lebih tenaga pelacak (tracer). Mereka terdiri dari para Babinsa, Babinpotmar dan Babinpotdirga yang dilatih.

Para tracer disiapkan membantu tracing Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Berbasis Mikro (PPKM Mikro) di wilayah desanya.

“Untuk kegiatan testing, Puskes TNI menyiapkan petugas swab, baik dari petugas kesehatan Mabes TNI maupun petugas kesehatan dari matra. Kami berkolaborasi dengan petugas kesehatan, baik dari jajaran Kementerian Kesehatan maupun dinas kesehatan di wilayah masing-masing," kata Prantara saat memberikan keterangan pers harian PPKM Darurat, Senin (12/7/2021).

"Pusat Kesehatan TNI juga telah membangun laboratorium PCR hampir di seluruh rumah sakit jajaran TNI."

 

 

** #IngatPesanIbu 

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

#sudahdivaksintetap3m #vaksinmelindungikitasemua

Simak Video Menarik Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tambahan Kapasitas Tempat Tidur COVID-19

Pada kegiatan treatment, Pusat Kesehatan TNI berkolaborasi dengan 109 rumah sakit jajaran TNI dari matra darat, laut dan udara. Dalam menghadapi lonjakan kasus COVID-19, TNI juga telah menyiapkan peningkatan kapasitas rumah sakit lapangan berupa penambahan 1.870 tempat tidur ICU maupun isolasi,

"Kami juga meningkatkan fasilitas lainnya," imbuh Mayjen Prantara Santosa dalam pernyataan tertulis yang diterima Health Liputan6.com.

Mayjen Prantara menegaskan, TNI bergerak dalammisi kemanusiaan dan berkomitmen bersama segenap komponen bangsa untuk menjaga keselamatan rakyat dengan pengendalian penyebaran COVID-19 melalui PPKM Darurat.

“Marilah, kita bersatu melawan COVID-19. Semoga langkah dan pengabdian kitasenantiasa mendapat ridhoi dari Allah SWT, Tuhan Yang Maha Kuasa,” tutupnya.

3 dari 3 halaman

Infografis Waktu Tepat Tes Swab dan Mengulangi bila Hasilnya Negatif Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.