Sukses

Wajib Tahu, 6 Kebiasaan yang Dianggap Sehat tapi Merusak Gigi

Sejumlah kebiasaan bisa memperburuk kesehatan gigi

Liputan6.com, Jakarta Beberapa hal yang Anda lakukan setiap hari untuk merawat tubuh justru dapat merugikan kesehatan gigi. Tetapi dengan beberapa hal sederhana kecil, Anda bisa tetap mempertahankan kesehatan gigi.

Dilansir dari Livestrong, berikut ini tujuh kebiasaan yang harus menjadi perhatian Anda.

1. Minum air lemon

Beberapa orang senang menambahkan beberapa irisan lemon untuk menambah variasi minum air. Masalahnya, lemon itu asam. Lingkungan asam di mulut Anda memecah enamel dan bercampur dengan bakteri untuk memicu pembusukan, jelas Michelle McGregor, RDH, MEd, profesor dan direktur Program Kebersihan Gigi di Virginia Commonwealth University School of Dentistry in Richmond.

Tips menjaga kesehatan gigi: Jika Anda menyukai air lemon, pertahankan dengan satu gelas sehari, jumlah yang tidak akan membahayakan kesehatan gigi, kata McGregor.

Jika tidak, gunakan gelas yang lebih besar untuk air lemon Anda, karena lebih banyak air akan mengencerkan minuman untuk membuatnya kurang asam. Minum melalui sedotan dan bilas mulut Anda dengan air biasa setelah Anda menghabiskan segelas.

2. Minum jus harian

Banyak yang kesulitan memenuhi asupan buah sesuai rekomendasi harian, jadi mengolahnya menjadi jus berharap dapat memenuhinya. Tapi jus hijau, jus bit, jus wortel, atau jus buah maupun sayuran segar apapun mengandung gula yang sangat tinggi. "Faktanya, jus buah lebih buruk daripada air lemon dan soda untuk gigi Anda," kata McGregor.

Tips menjaga kesehatan gigi: Jauh lebih baik untuk makan buah utuh, saran McGregor. Sebab dengan begitu, Anda mengunyah sesuatu yang baik untuk gigi Anda dan itu juga merangsang produksi air liur.

 

Simak Video Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

3. Ngemil di siang hari

Setiap kali Anda makan berarti menciptakan lingkungan asam di mulut. Jadi, semakin sering Anda makan atau ngemil, semakin sering gigi terpapar lingkungan asam itu dan semakin sedikit waktu mulut Anda untuk tetap berada di pH netral jelas McGregor. Terlebih lagi, ada jenis makanan tertentu, seperti karbohidrat, yang cenderung menempel di celah gigi dan terurai menjadi gula di mulut.

Tips menjaga kesehatan gigi: Pilihlah camilan yang baik.

Saran dari McGregor, mengonsumsi buah seperti apel dan wortel membantu mekanisme pembersihan diri pada gigi. Susu, seperti yogurt, juga tidak akan menempel di gigi, dan makanan ini juga mengandung kalsium dan fosfor untuk memperkuat gigi Anda. Kemudian bilas mulut Anda dengan air putih setelah makan, atau masukkan sepotong permen karet tanpa gula yang mengandung xylitol, alkohol gula yang telah terbukti mengurangi pembusukan, tambahnya.

4. Menggosok gigi terlalu keras

Sikat berbulu keras bersifat abrasif pada gigi dan gusi. Ini juga berlaku untuk sikat gigi charcoal/arang, termasuk pasta giginya juga bersifat abrasif. Padahal tidak perlu menggosok berlebihan.

Tips menjaga kesehatan gigi: Gunakan sikat berbulu lembut dan menyikat gigi jangan terlau kencang selama dua menit penuh, dengan masing-masing 30 menit di setiap empat kuadran dari mulut Anda.

 

3 dari 4 halaman

5. Menyikat gigi setelah konsumsi makanan masam

"Adalah kekeliruan tentang jika Anda makan atau minum sesuatu yang asam, Anda harus segera menyikatnya. Asam itu sedikit melembutkan email, jadi menyikat segera setelah itu dapat memperburuk kerusakan," kata McGregor.

Tips menjaga kesehatan gigi: Bilas mulut Anda setelah makan atau minum makanan asam. Umumnya diperlukan waktu sekitar 20 menit setelah makan atau minum makanan asam agar pH di mulut Anda kembali ke netral secara alami. Setelah dibilas dan sudah menunggu 20 menit, barulah boleh menyikat gigi.

6. Menghindari air keran

Air keran mengandung fluoride. Jika Anda tinggal di daerah dengan air keran yang aman untuk diminum maka minum dari keran akan membantu melindungi gigi Anda dari gigi berlubang.

"Air berfluoride masih dianggap sebagai salah satu inisiatif kesehatan masyarakat terbesar yang pernah kami lakukan karena jumlah pembusukannya berkurang," kata McGregor. Aplikasi topikal (seperti dalam pasta gigi berfluoride) memang sudah cukup bagus, namun akan lebih besar manfaatnya jika menelan fluoride, tambahnya.

Tips menjaga kesehatan gigi: Jika Anda baik-baik saja dengan rasa air keran, meskipun lebih suka disaring dulu, cobalah untuk minum segelas dari keran.

4 dari 4 halaman

Infografis Vaksinasi Nasional Berpacu dengan Serbuan Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.