Sukses

Jangan Cuma Utamakan Karbohidrat untuk Meningkatkan Imunitas Anak Saat Pandemi

Meningkatkan imunitas pada anak di masa pandemi dapat dimulai dari asupan gizi yang dia dapatkan dari makanan

Liputan6.com, Jakarta Menjaga imunitas di masa pandemi tak hanya harus dilakukan oleh orang dewasa saja, tetapi juga anak-anak. Penting bagi orangtua untuk juga memperhatikan asupan gizi anaknya, agar tak mudah jatuh sakit.

Dokter spesialis gizi klinik Sheena RA dalam dialog KPCPEN beberapa waktu lalu mengatakan bahwa asupan makanan yang harus dipenuhi oleh anak sebenarnya tidak jauh berbeda dari orang dewasa.

"Asupan makanan pada anak itu harus kita perhatikan komposisi gizinya yang tepat. Baik dari segi jumlahnya, jenisnya, dan juga frekuensinya," kata Sheena, ditulis Senin (12/7/2021).

Menurut Sheena, tujuannya adalah untuk mempertahankan dan memperbaiki status gizi anak, serta memperkuat imunitas tubuhnya, agar dia lebih mampu menangkal infeksi, dan apabila terkena, maka gejalanya lebih ringan.

"Sama seperti orang dewasa, (yang harus diberikan) mencakup makronutrien yaitu karbohidrat, protein, lemak, dan juga mikronutrien seperti vitamin dan mineral yaitu seng, zat besi, kalsium, asam folat."

"Dan vitamin-vitamin yang lain sepeti vitamin A, B, C, D, dan lain-lain. Itu harus cukup dan seimbang, sehingga kebutuhan gizi anak ini terpenuhi," imbuh Sheena.

Simak Juga Video Menarik Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Jangan Hanya Utamakan Karbohidrat

 

Sheena mengungkapkan bahwa seringkali, orangtua hanya mengutamakan karbohidrat saat memberi makan anaknya.

"Sehingga targetnya hanya anak masuk makanan dan kenyang, tapi kebutuhan gizi yang lainnya tidak terpenuhi," ujar Sheena.

Padahal, asupan gizi lain seperti protein, lemak, dan sayur-sayuran juga sangat penting bagi anak.

 

3 dari 4 halaman

Tingkatkan Protein

Pada anak, konsumsi protein dinilai harus lebih banyak daripada dewasa.

"Untuk anak-anak sendiri, lauk pauk itu sebesar 35 persen dari total asupan energi hariannya. Jadi misalnya kita memberikan makanan pada anak, pastikan ada protein nabati dan hewani di dalamnya."

Sementara untuk selingan, orangtua juga disarankan untuk memperhatikan apa zat gizi yang dikonsumsi oleh anak, serta harus memberikan jarak dengan makanan pokoknya.

Menurut Sheena, hal tersebut dilakukan agar makanan selingan tidak membuat anak merasa kenyang, dan membuatnya ogah untuk makan di waktu makan berikutnya.

4 dari 4 halaman

INFOGRAFIS: Waspada Anak Tertular COVID-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.