Sukses

Tak Disadari, Potongan Sumpit Tersangkut di Hidung Wanita Taiwan Selama Seminggu

Wanita di Taiwan tidak sadar ada potongan sumpit yang bersarang di hidungnya selama sepekan

Liputan6.com, Jakarta Selama sepekan, seorang wanita di Taiwan tidak sadar ada dua potongan sumpit yang tersangkut di hidungnya. Benda itu diketahui masuk ke sinusnya ketika ia berkelahi dengan saudarinya.

Dalam sebuah laporan pada 24 Juni 2021 di The Journal of Emergency Medicine, wanita 29 tahun itu pergi ke ruang gawat darurat usai "diserang oleh saudarinya dengan sumpit kayu saat di meja makan."

Dia mengalami mimisan ringan dan bengkak di mata kirinya. Dokter menemukan dua luka kecil di bawah mata dan hidung, tetapi pemeriksaan X-ray tidak menunjukkan kejanggalan.

Mengutip Live Science, Jumat (9/7/2021), seminggu kemudian, wanita tersebut mulai curiga bahwa lukanya lebih serius daripada kelihatannya.

Para penulis laporan dari Hualien Tzu Chi Hospital, Taiwan menyatakan, pasien melihat ada bagian sumpit yang digunakan dalam serangan tersebut tidak ada.

Simak Juga Video Menarik Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Potongan Sumpit di Hidung

Ketika wanita tersebut berkaca di cermin, dia seakan bisa melihat ada suatu benda di hidungnya.

Seorang dokter lalu memeriksa bagian dalam hidungnya. Di situlah terlihat adanya potongan sumpit yang menembus septum hidung, atau dinding yang membagi dua saluran hidungnya.

Pemeriksaan CT scan menunjukkan rupanya ada dua potongan sumpit di dalam hidung pasien. Salah satunya tertanam lebih dalam dari yang lainnya.

Dikutip dari Webmd, para penulis laporan mengatakan bahwa kasus ini sangat tidak biasa meskipun trauma wajah oleh benda asing di rongga hidung lumayan umum terjadi.

3 dari 4 halaman

Pengangkatan Benda dari Hidung

Mereka mengatakan, sumpit tersebut memasuki tengkorak wanita itu di antara sudut mata dan pangkal hidungnya. Benda itu lalu dikeluarkan dari sinus wanita tersebut.

Wanita tersebut mendapatkan pembedahan untuk mengangkat potongan tersebut, yang masing-masing berukuran sekitar 1,4 inci (3,5 centimeter) dan 2 inci (5 centimeter).

Dilaporkan tidak ada komplikasi bedah yang terjadi usai penanganan pada pasien.

Para penulis mengatakan, dokter harus curiga apabila ada benda asing bersarang di dekat hidung. Penting bagi mereka melakukan pemeriksaan telinga, hidung, dan tenggorokan, serta CT scan untuk identifikasi sesegera mungkin.

4 dari 4 halaman

Infografis Cara Pakai Masker Dobel yang Benar

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.