6 Tips Tetap Bugar Sepanjang Hari agar Fokus Belajar dan Bekerja

Oleh Fitri Syarifah pada 01 Jul 2021, 10:00 WIB
Diperbarui 01 Jul 2021, 10:00 WIB
Dokter Ali Abdaal
Perbesar
Dokter Ali Abdaal. dok instagram @aliabdaal

Liputan6.com, Jakarta YouTuber yang juga dokter, Ali Abdaal belum lama ini membagikan tips kesehatan dan kebugaran di salah satu kontennya. Menurutnya, konten yang ia beri judul Why I'm Never Tired ini akan berguna dalam belajar, di tempat kerja, dan di rumah.

Dilansir dari Menshealth, ada enam tips yang ia lakukan setiap hari untuk memaksimalkan peluangnya mendapatkan tidur malam yang nyenyak, memastikan bahwa ia bangun dengan cukup istirahat dan tetap seperti itu sepanjang hari.

Ia menekankan pentingnya menghindari membawa ponsel ke tempat tidur, melainkan membaca selama 20 menit atau lebih sebelum tidur.

 

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Cara tidur nyenyak

"Mendapatkan cahaya terang dari ponsel hanya akan membuat saya menelusuri Instagram dan Twitter, itu benar-benar mengerikan," kata dokter yang berpraktik di Cambridge University Hospitals tersebut. Sehingga menurutnya menjauh dari ponsel sebelum tidur efektif untuk mendapat tidur nyenyak.

Ia juga membeli satu set tirai gelap untuk kamar tidurnya, yang ia sebut sebagai salah satu hal yang paling hemat yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan kualitas tidur secara besar-besaran.

Berdasarkan temuan dalam buku Why We Sleep oleh Matthew Walker, Abdaal mulai mengatur suhu kamar tidurnya, menyetelnya ke 19 derajat Celcius, yang jauh lebih dingin daripada suhu kamar, tetapi disebut-sebut optimal ketika suhu inti tubuh mulai turun saat tidur.

 

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Tidak minum kopi setelah pukul 2 siang

Untuk mendukung tidur nyenyak di malam hari, Abdaal memastikan dirinya tidak minum kopi setelah pukul 2 siang.

"Kafein tetap berada dalam aliran darah untuk waktu yang lama, dan bagaimanapun kita mungkin berpikir bahwa kita kebal terhadap efek kafein, sebenarnya tidak. Justru itu bekerja pada neurotransmiter di otak dengan berbagai cara berbeda. Sehingga pada dasarnya menghentikan kita dari tidur atau jika kita tertidur, itu (kafein) menghentikan kita dari tidur nyenyak," katanya.

Terakhir, Abdaal mempraktikkan strategi pilot untuk tertidur dalam waktu kurang dari dua menit. Saat berbaring di tempat tidur, tujuannya adalah untuk mengendurkan semua otot wajah. Kemudian melanjutkan untuk mengendurkan otot-otot kaki.

"Jika saya belum tertidur saat itu, yang biasanya saya alami... Saya mencoba mengendurkan lengan, jari, siku, bahu saya. Setelah semuanya rileks, saya fokus menghirup dan menghembuskan napas," katanya.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Infografis 4 Tips Jaga Kesehatan Mental Saat Pandemi Covid-19

Infografis 4 Tips Jaga Kesehatan Mental Saat Pandemi Covid-19. (Liputan6.com/Trieyasni)
Perbesar
Infografis 4 Tips Jaga Kesehatan Mental Saat Pandemi Covid-19. (Liputan6.com/Trieyasni)
Scroll down untuk melanjutkan membaca

Simak Video Berikut Ini:

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya