Sukses

Jepang Berikan 1 Juta Dosis Vaksin Corona untuk Tangani COVID-19 di Indonesia

1 juta dosis vaksin Corona dari Jepang akan dikirim ke Indonesia pada Kamis, 1 Juli 2021

Liputan6.com, Jakarta - Duta Besar Jepang untuk Republik Indonesia, Kenji Kanasugi dan Direktur Jenderal Asia Pasifik dan Afrika Kementerian Luar Negeri RI, Abdul Kadir Jailani pada Selasa, 29 Juni 2021, melakukan pertukaran nota tentang serah terima vaksin Corona sebagai bagian dalam rangkaian penanganan COVID-19.

Jumlah kasus harian COVID-19 di Indonesia meningkat tajam sejak awal Juni 2021. Sementara capaian vaksinasi COVID-19 saat ini berkisar kurang lebih 4,7 persen dari seluruh penduduk Indonesia.

Dalam keadaan ini, bagi pemerintah Indonesia pengadaan vaksin menjadi tantangan yang harus segera diatasi.

Dikutip dari keterangan resmi yang diterima Health Liputan6.com pada Selasa, 29 Juni 2021, sekitar 1.000.000 dosis vaksin Corona yang diberikan Jepang kali ini diharapkan bisa berkontribusi dalam pencegahan penularan virus Corona penyebab COVID-19 di Indonesia.

Rencananya, vaksin tersebut akan dibawa ke Indonesia pada Kamis, 1 Juli 2021, menggunakan angkutan udara.

Menurut Jepang, jaminan akses yang adil terhadap vaksin yang aman, efektif, dan berkualitas di seluruh negara dan kawasan merupakan hal penting guna mewujudkan cakupan kesehatan semesta atau Universal Health Coverage.

Oleh sebab itu, Jepang akan terus memberikan berbagai bantuan melalui kerjasama, baik dengan negara-negara terkait maupun organisasi internasional demi segera berakhirnya pandemi COVID-19.

Simak Video Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Infografis 3 Vaksin dalam Program Vaksinasi Covid-19 Nasional Kantongi Izin WHO.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.