Sukses

4 Efek Tidur dengan Televisi Menyala ke Tubuh

Inilah efek samping jika tidur dengan televisi masih menyala

Liputan6.com, Jakarta Menonton televisi atau 'ditonton' televisi? Mungkin itu istilah yang sering didengar saat seseorang tidur di depan televisi yang masih menyala. Tidur dengan kondisi ternyata dalam sains tidak bagus untuk tubuh.

Dilansir Eat This pada Minggu, 27 Juni 2021, inilah dampak jika Anda tidur dengan televisi menyala di dekat Anda:

1. Alam bawah sadar terus menyala

Anda mungkin tidur saat bersantai menonton televisi, tapi ini tidak berarti pikiran bawah sadar Anda benar-benar berhenti mendengarkan.

Saat karakter mengobrol dan alur cerita berkembang, otak Anda masih menyerap semua informasi itu.

"Anehnya, bahkan jika Anda telah tidur dengan TV menyala, otak Anda tetap menerima semua suara yang muncul dari TV, yang memberikan tekanan yang tidak perlu pada otak Anda ketika perlu istirahat. Jadi ini mempengaruhi mental Anda sama seperti kesehatan fisik secara berlebihan," kata seorang psikiater yang berpraktik di Mayo Clinic, Amelia Alvin, MD.

Dan, kata Amelia, keadaan menjadi lebih buruk jika Anda tertidur karena film horor,"Terkadang, menonton acara TV atau film yang mengganggu membuat Anda kesal karena bisa berdampak pada pikiran Anda.".

Dalam penelitian yang diterbitkan dalam jurnal ilmiah Dreaming, ditemukan orang yang menonton acara TV kekerasan dalam waktu 90 menit sebelum tidur, 13 kali lebih mungkin mengalami mimpi buruk daripada orang lain yang mematikan TV atau menonton sesuatu yang lebih ringan seperti sitkom.

 

Simak Video Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Efek Tidur dengan Televisi Menyala

2. Tingkat melatonin menurun

Saat matahari terbenam setiap malam, tubuh kita mulai memproduksi lebih banyak hormon melatonin. Ketika itu terjadi, hormon ini memberi sinyal pada tubuh untuk mulai bersiap-siap tidur.

Sayangnya, semua cahaya biru yang dipancarkan dari perangkat seperti TV, komputer, dan ponsel pintar dapat merusak jam internal tubuh dan menekan produksi melatonin.

Ini biasanya menghasilkan kualitas tidur yang lebih rendah secara keseluruhan dan kemungkinan lebih besar Anda jadi sering terbangun sepanjang malam. Selain itu, jauh lebih sulit untuk tidur lebih nyenyak.

"Paparan cahaya sebelum tidur mengganggu produksi melatonin di dalam tubuh Anda dan juga memengaruhi kemampuan jam internal Anda untuk memberi tahu waktu, dengan lampu TV memberi sinyal ke tubuh Anda bahwa ini masih waktu bangun," kata Robyn South, Manajer Hubungan di SleepAdvisor.

3. Hutang tidur bertambah

Tidur bukanlah sesuatu yang selalu kita kaitkan dengan utang, tetapi utang tidur adalah fenomena yang sangat nyata. The Sleep Foundation mendefisinikannya sebagai perbedaan waktu antara jumlah tidur yang dibutuhkan seseorang dan jumlah yang sebenarnya dicapai, utang tidur bersifat kumulatif.

Ini berarti bahwa menyaksikan acara TV favorit sebelum tidur dapat menyebabkan utang tidur bertambah dengan cepat. Ini didukung oleh sejumlah penelitian.

Proyek yang diterbitkan dalam jurnal ilmiah Sleep ini menyebut menonton TV sebagai salah satu alasan utama orang Amerika kehilangan waktu tidur yang mereka butuhkan.

Selain itu, penelitian lain yang diterbitkan dalam Journal of Clinical Sleep Medicine mencatat hubungan besar kualitas tidur yang buruk dengan lebih banyak kelelahan, dan lebih banyak gejala insomnia secara umum.

 

3 dari 4 halaman

Awas Berat Badan Bertambah

4. Berat badan bertambah

Tidur dengan televisi menyala dapat menyebabkan bencana bagi lingkar pinggang Anda. Penelitian yang dipublikasikan di JAMA Internal Medicine menemukan bahwa wanita yang tidur dengan cahaya buatan, seperti cahaya layar televisi di kamar tidur mereka mungkin berisiko lebih besar mengalami obesitas.

Peserta studi yang tidur dengan TV, 17 persen lebih mungkin untuk bertambah rata-rata 11 pon selama lima tahun.

"Meskipun kurang tidur dengan sendirinya dikaitkan dengan obesitas dan penambahan berat badan, itu tidak menjelaskan hubungan antara paparan cahaya buatan saat tidur dan berat badan," kata Dale Sandler, Ph.D., kepala Cabang Epidemiologi di National Institut Ilmu Kesehatan Lingkungan (NIEHS).

4 dari 4 halaman

Infografis 3 Manfaat Tidur Cukup Cegah Risiko Penularan Covid-19.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.