Sukses

Menkes Budi: Mari Fokus Atasi Pandemi COVID-19, Bukan Saling Menyalahkan

Menkes Budi yakin Indonesia bisa segera melewati pandemi COVID-19 asalkan rakyatnya mau bekerja sama.

Liputan6.com, Jakarta Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengingatkan bahwa bangsa Indonesia pernah melalui hal yang berat di masa lampu. Budi pun yakin rakyat Indonesia bisa menghadapi pandemi COVID-19 dengan syarat mau bekerja sama.

"Asalkan bisa bekerja sama, harusnya bisa kita atasi. Asalkan energi yang kita miliki fokus untuk atasi pandemi COVID-19 sehingga tidak banyak energi yang dikeluarkan untuk saling menyalahkan," ujar Budi pada Jumat (25/6/2021).

Budi yakin modal sosial bangsa Indonesia besar sekali. Asal bisa dirajut, dia yakin Indonesia bisa hadapi pandemi yang sudah 1,5 tahun menghantam Indonesia dan dunia.

Soal kapan pandemi berakhir hal ini amat bergantung pada semua pihak. Semakin bisadisiplin menerapkan protokol kesehatan, memakai masker, menjaga jarak, tidakberkerumun, dan rajin mencuci tangan, pandemi ini akan cepat berakhir seperti disampaikannya dalam rilis yang diterima Liputan6.com.

 

Simak Juga Video Berikut

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Disiplin Protokol Kesehatan di Masyarakat

Presiden Jokowi juga meminta implementasi di lapangan harus diterapkan secara disiplin. Budi juga mengajak masyarakat untuk tetap tinggal di rumah. Dengan begitu, bukan hanya melindungi diri sendiri tapi juga keluarga tercinta, tetangga, dan masyarakat.

"Berapa banyak kasus yang akan naik, bergantung pada kita. Berapa banyaksaudara kita masuk RS, berapa tenaga kesehatan yang masuk RS juga tergantung kita,'' tegasnya.

Soal tenaga kesehatan yang meninggal dunia akibat terpapar COVID-19, ia menginstruksikan kepada semua rumah sakit agar memprioritaskan perawatan tenaga kesehatan.

"Kalau ada nakes yang terpapar bisa dilayani dengan sebaik-baiknya," katanya.

3 dari 3 halaman

Infografis Lockdown Bukan Lagi Cara Utama Cegah Covid-19.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.