Sukses

Potret RSUD Cengkareng Tangani Pasien COVID-19 yang Membeludak

Sempat terjadi antrean pasien COVID-19 di luar IGD untuk mendapatkan tempat tidur perawatan di RSUD Cengkareng.

Liputan6.com, Jakarta Kasus COVID-19 Indonesia tengah meningkat drastis, termasuk di DKI Jakarta. Dalam sehari, penambahan kasus baru orang yang terkonfirmasi COVID-19 di Jakarta kisaran 3 - 6 ribu orang dalam sepekan terakhir. Tak heran, bila rumah sakit kini penuh seperti yang terjadi di RSUD Cengkareng, Jakarta, pada Rabu, 23 Juni 2021.

Pasien COVID-19 terus berdatangan. Petugas kesehatan RSUD Cengkareng pun harus bekerja keras untuk membantu merawat pasien.

 

Antrean orang melakukan tes PCR terlihat di salah satu titik rumah sakit yang terletak di Jalan Bumi Cengkareng Indah Jakarta Barat ini terlihat panjang. Mengenakan hazmat, petugas kesehatan mengambil sampel dari hidung dan tenggorokan.

 

Bila menilik kondisi Instalasi Gawat Darurat (IGD) pada hari tersebut dipenuhi dengan pasien COVID-19. Bahkan, terlihat ada antrean di luar IGD. Para pasien menunggu untuk mendapatkan tempat tidur perawatan.

Mereka mengantre sambil duduk di kursi roda dan ditemani jarum infus yang menancap di tangan. 

 

Sembari menunggu mendapatkan kamar untuk mendapatkan perawatan, pasien COVID-19 terus dipantau kesehatannya. Petugas kesehatan tampak pada saat itu terlihat memeriksa tekanan darah pasien yang sedang antre di luar ruangan IGD.

Ada juga beberapa pasien yang belum dapat tempat tidur butuh bantuan oksigen. Terlihat bukan cuma selang infus tapi juga tabung oksigen berada di samping pasien agar kondisi kesehatannya tetap stabil meski harus dirawat sementara di luar ruangan.

Mengingat IGD penuh dengan pasien COVID-19, pada hari itu, untuk sementara waktu, IGD RSUD Tangerang tidak menerima pasien non-COVID-19. Hal itu ditandai dengan kertas pengumuman kecil dekat pintu masuk rumah sakit.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Infografis Pedoman Isolasi Mandiri Pasien Tanpa Gejala COVID-19.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini