Sukses

Dokter Reisa: Sebelum Isolasi Mandiri, Pasien COVID-19 Harus Konsultasi dengan Dokter

Dokter Reisa juga mengatakan bahwa isolasi mandiri juga harus dilakukan dengan mengikuti beberapa persyaratan.

Liputan6.com, Jakarta Isolasi mandiri menjadi cara mencegah penyebaran COVID-19 dari orang yang positif terkena virus Corona ke orang lain di sekitarnya.

Meski dilakukan di rumah sendiri, isolasi mandiri tetap harus mengikuti aturan yang sudah ditetapkan dan tidak boleh dilaksanakan dengan sembarangan.

Dokter Reisa Broto Asmoro, Juru Bicara Penanganan COVID-19, mengatakan bahwa sebelum melakukan isolasi mandiri, pasien terkonfirmasi COVID-19 harus berkonsultasi dulu dengan tenaga kesehatan.

"Poin utamanya adalah sebelum dia memutuskan untuk bisa isolasi mandiri atau tidak, dia sudah harus mendapatkan persetujuan tenaga medis atau dokternya terlebih dahulu," kata Reisa

"Jadi yang memastikan, untuk menentukan boleh tidaknya isolasi mandiri itu dari dokternya. Bukan sendiri," kata dokter Reisa dalam siaran Radio Kesehatan Kementerian Kesehatan beberapa waktu lalu, ditulis Jumat (25/6/2021).

Saksikan Juga Video Menarik Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Yang Boleh Isolasi Mandiri

Menurut Reisa, seringkali ada salah kaprah mengenai isolasi mandiri. Banyak pasien yang positif tanpa gejala, tidak berkonsultasi dulu dengan tenaga kesehatan (nakes) sebelum memutuskan isolasi mandiri.

"Isolasi mandiri bukan berarti dia tidak konsultasi atau tidak diawasi oleh nakes," kata Reisa.

Reisa mengungkapkan, ada beberapa persyaratan untuk seseorang bisa melakukan isolasi mandiri di rumah apabila sudah melakukan pemeriksaan dengan dokter. Yang pertama adalah memperhatikan gejala.

"Kalau dia bisa isolasi mandiri di rumah, pasti dia punya gejala yang ringan, sangat ringan, atau bahkan sampai dia tidak menyadari bahwa dia punya gejala, meskipun pasti ada gejala sedikit mungkin," ujarnya.

Selain itu, yang boleh isolasi mandiri di rumah adalah orang-orang yang tidak punya komorbid atau penyakit bawaan, atau yang usianya bukan lansia.

3 dari 4 halaman

Harus Terpantau Tenaga Kesehatan

Sarana dan pra-sarana untuk isolasi mandiri, menurut Reisa, juga harus memungkinkan seseorang untuk melakukannya di rumah. "Artinya, dia harus terpisah dengan anggota keluarga yang lain. Dia tidak boleh berada dalam satu ruangan bersama anggota keluarga yang lain."

Reisa menegaskan, isolasi mandiri pun tetap harus dilakukan dengan terpantau oleh tenaga kesehatan secara rutin. Selain itu, ruang isolasi juga harus memiliki aliran udara yang baik.

Menurut Reisa, isolasi mandiri juga berarti pasien dapat merawat dirinya sendiri. "Jadi memang kalau dia memutuskan untuk isolasi mandiri, dia harus tahu bahwa dia itu memang tidak perlu dilakukan perawatan oleh orang lain."

Apabila rumah tidak memungkinkan untuk isolasi mandiri, maka yang harus dilakukan adalah isolasi terpusat. Contohnya seperti di RSDC Wisma Atlet, Kemayoran.

4 dari 4 halaman

Infografis 6 Tips Isolasi Mandiri di Rumah

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.