Liza Putri, Nakes Wisma Atlet Pertama yang Meninggal karena COVID-19

Oleh Aditya Eka Prawira pada 25 Jun 2021, 08:03 WIB
Diperbarui 25 Jun 2021, 08:03 WIB
FOTO: Peningkatan Kasus COVID-19 di DKI Jakarta
Perbesar
Petugas medis yang mengenakan alat pelindung diri berada di luar RS Darurat Wisma Atlet, Jakarta, Selasa (22/6/2021). Bertepatan dengan HUT ke-494 DKI Jakarta, ada peningkatan kasus COVID-19 yang sudah memasuki fase kritis. (merdeka.com/Imam Buhori)

Liputan6.com, Jakarta - Tenaga kesehatan Rumah Sakit Darurat COVID-19 (RSDC) Wisma Atlet Kemayoran, Liza Putrie Noviana AMK, meninggal dunia setelah berjuang melawan keganasan virus Corona.

Wanita kelahiran Surakarta, 8 November 1987, menjadi nakes pertama RSDC Wisma Atlet yang gugur akibat COVID-19.

Prosesi pelepasan jenazah Liza Putrie Noviana telah dilakukan pada Kamis malam, 24 Juni 2021, di halaman Tower I Rumah Sakit Darurat COVID-19 Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta Pusat.

Upacara penghormatan dan pelepasan jenazah nakes pertama Wisma Atlet yang meninggal karena COVID-19 dipimpim Panglima Daerah Militer Jakarta Raya (Pangdam Jaya), Mayjen TNI Mulyo Aji.

Selain diisi dengan kegiatan salat jenazah, prosesi menyalakan lilin dilakukan sebagai simbol duka.

Pangdam Jaya mengungkapkan bahwa Liza merupakan tenaga kesehatan pertama di RSDC Wisma Atlet yang gugur akibat COVID-19. "Meninggalkan seorang suami dan dua orang anak," ujarnya.

 

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Kronologis Meninggalnya Nakes Wisma Atlet karena COVID-19

Mulyo Aji mengatakan bahwa Liza telah masuk ke Instalasi Gawat Darurat (IGD) RSDC Wisma Atlet sejak Kamis, 3 Juni 2021. Namun, kondisinya terus memburuk ditunjukkan dengan turunnya angka saturasi oksigen, demam, sesak napas, dan batuk berdahak.

Mendiang Liza juga sempat dirawat di ruangan HCU dan ICU, serta menggunakan ventilator. Liza, kata Mulyo Aji, juga sempat dirujuk ke Rumah Sakit Umum Pemerintah (RSUP) Persahabatan pada Selasa, 8 Juni 2021 hingga akhirnya dinyatakan meninggal dunia pada Kamis, 24 Juni 2021.

Usai acara penghormatan, jenazah Liza pun dibawa menggunakan ambulans untuk dimakamkan kemungkinan di daerah tempat tinggalnya di Cilacap, Jawa Tengah.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Infografis Kasus Covid-19 Melonjak, Rumah Sakit Terancam Kolaps

Infografis Kasus Covid-19 Melonjak, Rumah Sakit Terancam Kolaps. (Liputan6.com/Abdillah)
Perbesar
Infografis Kasus Covid-19 Melonjak, Rumah Sakit Terancam Kolaps. (Liputan6.com/Abdillah)
Scroll down untuk melanjutkan membaca

Simak Video Berikut Ini

Lanjutkan Membaca ↓