Sukses

Liputan6.com Raih Penghargaan Media Daring dengan Pemberitaan Terbanyak terkait BKKBN

Liputan6.com meraih penghargaan dari Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) sebagai juara satu media daring nasional yang paling banyak memberitakan terkait BKKBN.

Liputan6.com, Jakarta Liputan6.com meraih penghargaan dari Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) sebagai juara satu media daring nasional yang paling banyak memberitakan terkait BKKBN.

Dalam program BKKBN bertajuk “Bangga Kencana” ini Liputan6.com menjadi juara satu dari 6 nomine media daring nasional.

Menurut Plt. Deputi Bidang KSPK BKKBN RI, Dr. Drs. Lalu Makripuddin, M.Si, penghargaan ini diberikan sebagai apresiasi atas kerja sama antara BKKBN dengan awak media dalam rangka memperingati Hari Keluarga Nasional ke 28 yang jatuh pada 29 Juni 2021.

Lalu menambahkan, peringatan Hari Keluarga Nasional ini tidak hanya diisi dengan apresiasi pada media tapi juga membahas masalah-masalah yang terjadi di tengah COVID-19. Masalah-masalah tersebut termasuk tentang ibu hamil dan anak-anak yang terpapar COVID-19.

“Tentu ini akan didiskusikan secara detail bagaimana teknik pelaksanaannya di lapangan,” ujar Lalu dalam acara penghargaan BKKBN, Rabu (23/6/2021).

Simak Video Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Peran Humas dan Jurnalis

Dalam menyebarkan informasi terkait berbagai masalah tersebut, pihak hubungan masyarakat (humas) dan jurnalis sangat penting, lanjut Lalu.

Menurutnya, humas bertugas untuk mencitrakan sebuah lembaga ke pihak luar. Dibantu jurnalis, berita-berita itu akan lebih luas tersampaikan pada masyarakat.

“Pihak luar akan mendengar dan membaca kemudian timbul kepercayaan pada kita. Tentu ini patut kita syukuri, tugas-tugas pun berjalan baik tentu ini akibat pencitraan dan kepercayaan pihak luar kepada kita dan kepercayaan ini bukan dari orang sembarangan tapi langsung dari presiden.”

Lebih lanjut, humas berperan untuk membangun citra yang baik bagi suatu organisasi. Jadi, sebuah organisasi citranya baik atau tidak itu tergantung humasnya berfungsi atau tidak, katanya.

3 dari 4 halaman

2 Hal yang Perlu Dijaga

Lalu juga menyampaikan 2 hal yang perlu dijaga oleh humas. Yang pertama, humas harus menjaga hubungan baik dengan khalayak, masyarakat, dan pihak luar.

“Kalau hubungan tidak dijaga dengan baik maka citra kita pun tidak baik.”

Hal kedua yang perlu dijuaga adalah menjaga hubungan harmonis dengan jurnalis.

“Harus itu, baik-baiklah dengan jurnalis. Kenapa? Karena jurnalis itu yang memberitakan baik melalui media daring, cetak, elektronik, yang akan memberitakan kita. Banyak kegiatan yang kita lakukan, tapi jika tidak diekspos oleh teman-teman jurnalis tentu ini katak dalam tempurung, yang tahu hanya kita-kita saja.”

Walau sudah melakukan kerja keras dan hasilnya bagus, jika tidak diberitakan maka tidak dapat diketahui oleh orang lain.

“Oleh karena itu dua hal ini perlu dijaga oleh kita pranata humas,” tutupnya.

4 dari 4 halaman

Infografis Yuk Ketahui Perbedaan Gejala COVID-19 Varian Alpha, Beta dan Delta

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.