Sukses

Menkes: Arahan Presiden Jelas, Masalah Ekonomi Tak Selesai kalau Kesehatan Tidak Terselesaikan

Menkes mengatakan bahwa Presiden Jokowi telah jelas menyebut bahwa ekonomi dan kesehatan tidak bisa dipisahkan

Liputan6.com, Jakarta Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengatakan bahwa Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah menyatakan, apabila masalah kesehatan pandemi COVID-19 tidak bisa diselesaikan, maka masalah ekonomi juga tidak akan terselesaikan.

Pernyataan tersebut disampaikan Budi Gunadi, terkait adanya anggapan bahwa pemerintah masih mengutamakan masalah ekonomi ketimbang kesehatan, dalam penanganan COVID-19.

Anggapan itu muncul kala pemerintah tetap melakukan Penerapan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) mikro, di tengah desakan Pemberlakukan Sosial Berskala Besar (PSBB) dari berbagai pihak.

"Bapak Presiden jelas sejak di awal bahwa ini dua-duanya tidak bisa dipisahkan," kata Budi dalam konferensi pers daringnya pada Senin (21/6/2021).

"Dan Bapak Presiden juga jelas di awal, ekonominya tidak mungkin akan bisa selesai kalau kesehatannya tidak selesai. Karena memang isu utamanya adalah isu kesehatan," kata mantan Wakil Menteri BUMN itu melanjutkan.

Menkes Budi pun kembali menegaskan bahwa Presiden Jokowi mengutamakan agar isu kesehatan harus diselesaikan. "Karena tidak mungkin ekonominya bisa balik, kalau isu kesehatannya tidak selesai."

Simak Juga Video Menarik Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Arahan Jokowi

 Pada konferensi pers tersebut, Menkes juga mengatakan bahwa Presiden Jokowi telah mengarahkan agar dalam menangani COVID-19, perlu penguatan di sisi hulu atau mencegah agar masyarakat tidak tertular.

"Hulunya ditekankan adalah bagaimana bisa mengimplementasikan PPKM mikro dengan baik di lapangan, dan mempercepat vaksinasi," kata Budi Gunadi.

Menurut Budi, apabila sisi hulu dapat ditangani dengan baik, maka tekanan di sisi hilir atau rumah sakit juga dapat berkurang.

3 dari 4 halaman

Mempercepat Vaksinasi

Selain itu, Presiden Jokowi juga telah meminta agar awal bulan Juli, vaksinasi COVID-19 dapat diupayakan mampu mencapai satu juta penyuntikan dalam sehari.

Sebelumnya pada pekan lalu, ia juga telah meminta agar vaksinasi di bulan Juni ini bisa menembus 700 ribu dalam sehari.

"Tolong dipastikan digerakkan semua komponen, baik itu komponen melalui vaksinasi pemerintah daerah maupun juga komponen vaksinasi melalui TNI dan Polri," ujar Menkes.

"Kami bekerja sama terus, berkomunikasi dengan bapak Panglima (TNI) dan bapak Kapolri, Insyaallah kita percaya, kita yakin, angka 1 juta vaksinasi per hari bisa kita capai awal bulan depan sesuai arahan bapak Presiden," imbuhnya.

4 dari 4 halaman

Infografis Jakarta Terancam Genting Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.