Sukses

Ahli Bedah Prof Eka Wahjoepramono Tetap Aktif Beri Kuliah Online Walau Positif COVID-19

Profesor Eka pun menyarankan agar apabila terkena COVID-19, seseorang harus tetap aktif sepanjang dirinya tidak mengalami sesak.

Liputan6.com, Jakarta Dirawat karena positif COVID-19 tidak menyurutkan semangat pakar bedah saraf Profesor Eka Wahjoepramono untuk memberikan kuliah online secara daring.

Hal itu seperti terlihat dalam siaran kuliah daring yang ditayangkan di saluran Youtube HMFK UPH pada Minggu (20/6/2021). Eka sendiri saat itu dirawat di Rumah Sakit Siloam Kelapa Dua.

"Ini kali aku seorang pasien," ujarnya kepada Liputan6.com.

Dalam video tersebut, Eka yang terlihat mengenakan selang di hidungnya mengatakan dia sudah berbicara dengan dokter parunya sebelum memberikan kuliah daring tersebut.

Pada kesempatan itu, Eka berseloroh bahwa dia memberikan kuliah daring bukan karena dipaksa oleh Universitas Pelita Harapan (UPH).

"Justru katanya kalau saya diam saja, malah jadi mellow, mikir ini kapan Tuhan panggilnya, ini warisannya buat siapa," ujarnya di video berjudul "Visionary Medical Leadership: Special Lecture by Prof. DR. DR. dr. Eka Wahjoepramono, Sp.BS,PhD."

 

Simak Juga Video Menarik Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Utarakan Keinginan untuk Mengajar

"Aku tidak suka lihat film-film ikutan emosi, apalagi sosmed, aduh amit-amit, ya sudah aku kasih kuliah saja," kata Eka.

Eka menceritakan bahwa pada Sabtu malam, ia sempat menghubungi rekannya mengenai janji memberikan kuliah daring untuk koas. Dia mengutarakan keinginannya untuk mengisi kegiatan tersebut, meski sempat tidak diperbolehkan.

"(Dijawab) 'Ndak profesor' aduh, kayaknya keliru. Ada konsep yang sedikit keliru kalau suruh diam saja," katanya.

3 dari 4 halaman

Sarankan Tetap Aktif

Eka mengatakan, bahwa saat dia berbicara, seluruh bagian dadanya bergerak tanpa harus melakukan fisioterapi. "Kayaknya gitu ya, karena habis coba sejam bicara, lebih segar lho," katanya.

"Jadi amit-amit, kalau ada teman-teman yang sakit seperti saya kena COVID, kayaknya aktif bagus deh, sepanjang tidak sesak," ia menambahkan.

Eka pun merekomendasikan agar pasien COVID-19 untuk memiliki oksimeter, untuk dapat mengukur kadar oksigennya, dan mencegahnya agar tidak rendah.

4 dari 4 halaman

Infografis Perilaku 3K Bantu Kesembuhan Pasien Covid-19 Lebih Cepat

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.