Kemenkes Minta Bodetabek dan Bandung Raya Percepat Vaksinasi Penduduk 18 Tahun ke Atas

Oleh Giovani Dio Prasasti pada 20 Jun 2021, 15:10 WIB
Diperbarui 20 Jun 2021, 16:04 WIB
Asosiasi Asuransi Umum Indonesia Buka Sentra Vaksinasi Covid-19
Perbesar
Warga divaksin di Sentra Vaksinasi COVID-19 AAUI di Lakespra Saryanto, Pancoran, Jakarta, Jumat (18/06/2021). Program sentra vaksinasi AAUI yang diselenggarakan di dua tempat yaitu di Lakespra Saryanto dan Hall Basket Plaza Festival Kuningan. (Liputan6.com/HO/Ading)

Liputan6.com, Jakarta Kementerian Kesehatan (Kemenkes) meminta agar Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota di wilayah Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi (Bodetabek) serta Bandung Raya, untuk mempercepat vaksinasi COVID-19 bagi penduduk berusia di atas 18 tahun.

Pernyataan itu disampaikan Kemenkes dalam siaran persnya, sebagai respon meningkatnya kasus di Bodetabek dan Bandung Raya dalam kurun waktu tujuh hari terakhir.

Dalam pernyataannya di laman milik Kemenkes, Sehat Negeriku, dikutip Minggu (20/6/2021), pemerintah mencatat bahwa kasus di DKI Jakarta meningkat sekitar 134 persen, Jawa Barat 24 persen, dan Banten sebanyak 87 persen.

"Kenaikan ini bahkan sangat tingggi dibandingkan minggu sebelumnnya," tulis mereka.

 

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Percepat Herd Imunity

Vaksinasi Covid-19 Nakes Lansia Tahap Pertama
Perbesar
Petugas medis menunjukkan jarum suntik dan vaksin Covid-19 di Puskesmas Cengkareng, Jakarta Barat, Selasa (9/2/2021). Kementerian Kesehatan memulai vaksinasi Sinovac untuk tenaga kesehatan di atas 60 tahun setelah BPOM mengeluarkan izin penggunaan vaksin untuk lansia. (Liputan6.com/Fery Pradolo)

Kemenkes mengatakan bahwa keadaan ini menimbulkan kekhawatiran terjadinya lonjakan kasus yang kian besar. Hal ini disebabkan karena hingga saat ini, tingkat penularan di wilayah-wilayah tersebut masih sangat tinggi.

"Oleh karenanya melalui percepatan vaksinasi ini diharapkan juga mempercepat tercapainya herd immunity (kekebalan kelompok) di wilayah DKI Jakarta dan daerah penyangganya," kata Kemenkes. 

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Tetap Perhatikan Kelompok Prioritas

Namun, Kemenkes menambahkan bahwa meski mereka meminta percepatan vaksinasi penduduk usia 18 tahun ke atas, pelaksanaan tetap harus memperhatikan kelompok prioritas yang belum divaksinasi, atau belum lengkap vaksinasinya.

Beberapa kelompok prioritas tersebut adalah tenaga kesehatan dan tenaga penunjang di fasilitas kesehatan, lansia, petugas pelayanan publik, dan masyarakat rentan lain seperti di daerah kumuh, atau orang dengan gangguan jiwa serta pra lansia.

"Teknis pelaksanaan vaksinasi dapat menyesuaikan dengan mekansime dan kebijakan yang telah dilaksanakan di Jawa Barat dan Banten," kata mereka.

Kemenkes juga mengimbau agar pemerintah provinsi Jawa Barat dan Banten untuk segera melakukan koordinasi dan kerja sama dengan TNI, Polri, komunitas, organisasi lokal, keagamaan serta swasta, untuk mendukung capaian target vaksinasi di wilayahnya masing-masing.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Infografis Sudah Vaksinasi Covid-19? Jangan Kendor 5M!

Infografis Sudah Vaksinasi Covid-19? Jangan Kendor 5M!
Perbesar
Infografis Sudah Vaksinasi Covid-19? Jangan Kendor 5M! (Liputan6.com/Triyasni)
Scroll down untuk melanjutkan membaca

Simak Juga Video Menarik Berikut Ini

Lanjutkan Membaca ↓