Sukses

Lonjakan COVID-19, Masyarakat Mesti Perketat Protokol Kesehatan

Lonjakan COVID-19 di beberapa daerah, masyarakat diminta perketat protokol kesehatan.

Liputan6.com, Jakarta Lonjakan COVID-19 di sejumlah wilayah Indonesia, Koordinator PMO Komunikasi Publik Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC-PEN) Arya Sinulingga meminta masyarakat kembali mengetatkan penerapan protokol kesehatan.

Protokol kesehatan dapat menekan penyebaran COVID-19 dan potensi penularan virus Corona bisa dihindari. Protokol kesehatan yang dimaksud memakai masker, mencuci tangan pakai sabun dan air mengalir, serta menjaga jarak.

Arya juga menekankan agar masyarakat menjauhi kerumunan serta membatasi mobilisasi dan interaksi.

"Mematuhi protokol kesehatan merupakan bentuk menjaga diri dan juga orang di sekitar kita. Tujuannya, menghindari penularan COVID-19 di lingkungan kita," ujar Arya sebagaimana keterangan tertulis yang diterima Health Liputan6.com, Selasa (15/6/2021) malam.

Arya juga berharap, pemerintah daerah dan juga pihak terkait lainnya untuk kembali menegakkan protokol kesehatan di wilayah. Bagi pelanggar protokol kesehatan, Arya berpandangan, bisa diberi sanksi yang lebih tegas.

"Penegakan protokol kesehatan harus dilakukan demi keselamatan masyarakat," imbuhnya.

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Simak Video Menarik Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kenaikan Kasus COVID-19 di Jakarta Paling Signifikan

Di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah lonjakan kasus COVID-19 lebih dari 30 kali lipat dalam sepekan. DKI Jakarta menjadi provinsi dengan kenaikan kasus COVID-19 yang paling signifikan.

Dalam 10 hari saja kasus COVID-19 di Jakarta meningkat lebih dari 300 persen. Di Yogyakarta juga mengalami kenaikan kasus COVID-19 hingga 107 persen, bertambah 445 kasus dalam satu hari pada 10 Juni 2021.

Pekan ini, ada 12 kabupaten/kota yang berpindah dari zona oranye menjadi zona merah. Yakni Kota Banda Aceh (Aceh), Kota Medan (Sumatera Utara), Lima Puluh Kota, dan Dharmasraya (Sumatera Barat).

Lalu Siak dan Kuantan Singingi (Riau), Tebo (Jambi), Ciamis dan Bandung Barat (Jawa Barat), Tegal (Jawa Tengah) dan Kota Bima (Nusa Tenggara Barat).

Perlu juga diwaspadai 10 kabupaten/kota yang saat ini berada pada zona oranye dengan skor mendekati zona merah. Di antaranya, Pati, Brebes dan Semarang diJawa Tengah, Kepulauan Meranti.

Kemudian Kota Pekanbaru di Riau, Muara Enim di Sumatera Selatan, Tanah Datar di Sumatera Barat, Dairi di Sumatera Utara, Bintan di Kepulauan Riau, dan Sumba Tengah di Nusa Tenggara Timur.

3 dari 4 halaman

Lonjakan Pasien COVID-19 di Wisma Atlet

Wisma Atlet Kemayoran Jakarta Pusat kini tengah jadi sorotan usai terjadi lonjakan jumlah pasien COVID-19. Dilaporkan, angka pasien positif COVID-19 di RS Darurat COVID-19 Wisma Atlet kini bisa tembus di angka 600 orang dalam sehari.

Koordinator Humas dan Komandan Lapangan RSDC Wisma Atlet Koordinator Humas dan Komandan Lapangan Letkol TNI Arifin meminta Pemerintah kembali menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) seperti di awal pandemi.

Sehari tembus di angka 600 pasien COVID-19, RSDC Wisma Atlet dilaporkan berpotensi memasuki fase krisis atau kolaps apabila tak ada kebijakan yang lebih ketat.

"Ya kalau sehari gini terus 500, 600 pasien, semua fasilitas kesehatan kolaps. Seminggu ini tinggi 500 (sampai) 600," lanjut Letkol TNI Arifin kepada Liputan6.com, Selasa (15/6/2021).

"Bisa juga kalau memang masif, nanti seminggu ke depan positivity rate-nya tinggi, harus ada kebijakan yang diambil."

4 dari 4 halaman

Infografis Jakarta Terancam Genting Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.