Sukses

Sambut Olimpiade, Yayasan Jantung Indonesia Ajak Jalan Kaki Virtual 2020 Langkah

Liputan6.com, Jakarta - Berjalan kaki tak hanya merupakan olahraga murah dan mudah, melainkan juga bermanfaat bagi kesehatan. Salah satunya, jalan kaki memiliki manfaat bagi kesehatan jantung.

Meski kerap dianggap sepele, berbagai penelitian menunjukkan, berjalan kaki berdampak signifikan menurunkan risiko terkena penyakit jantung.

“Jalan kaki sering kali dianggap sepele daripada jenis aktivitas lain yang lebih berat. Padahal, beberapa penelitian menunjukkan bahwa jalan kaki bisa memberi banyak manfaat jika dilakukan secara rutin, setidaknya 30 menit setiap hari," ujar Ketua Umum Yayasan Jantung Indonesia, Esti Nurjadin, mengutip keterangan yang diterima Liputan6.com.

"Selain itu banyak studi membuktikan berjalan kaki dapat mengurangi risiko penyakit kardiovaskular hingga 31 persen, bahkan mengurangi risiko kematian sebesar 32 persen,” lanjutnya.

Berkaitan dengan Olympic Day 2021 Indonesia, Yayasan Jantung Indonesia (YJI) bersama dengan Komite Olimpiade Indonesia (NOC Indonesia) menggelar 2020 Steps Virtual Olympic Day Walk yaitu kegiatan berjalan santai sejauh 2020 langkah (1,54 KM) yang bisa diikuti oleh siapapun dan kapanpun.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

19-23 Juni 2021

Proses kegiatan berjalan 2020 langkah ini hanya dapat dilakukan selama rentang waktu 19 – 23 Juni 2021. 2020 langkah adalah jarak yang ditempuh dalam waktu sekali berjalan (bukan merupakan akumulasi).

Untuk dapat mengikuti kegiatan 2020 Steps Virtual Olympic Day Walk ini, peserta hanya membutuhkan aplikasi sport tracker yang dapat menampilkan riwayat berjalan seperti tanggal, catatan waktu, dan jarak. Kegiatan berjalan dapat dilakukan dimanapun di seluruh Indonesia dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan.

“Selain sebagai salah satu cara untuk hidup sehat, kegiatan 2020 Steps Virtual Olympic Day Walk dalam Olympic Day 2021 Indonesia ini bisa dijadikan momentum untuk memberi dukungan kepada para atlet nasional yang akan bertanding di Olimpiade Tokyo tahun ini. Kegiatan ini juga dimaksudkan untuk menjadi penyemangat masyarakat Indonesia dalam menyambut olimpiade”, ujar Ketua Umum Komite Olimpiade Indonesia (NOC Indonesia), Raja Sapta Oktohari.

Peserta diharapkan mengabadikan proses saat melakukan kegiatan berjalan sejauh 2020 langkahnya karena peserta dengan foto dan keterangan foto menarik bisa memenangkan berbagai hadiah menarik.

"Hal ini dimaksudkan agar semua peserta yang mengikuti kegiatan bisa merasakan semangat dan sportifitas seperti layaknya sedang mengikuti olimpiade sekaligus menerapkan hidup sehat dalam keseharian mereka,” tutup Esti.

3 dari 3 halaman

Infografis

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.