Studi: Pakai Masker Bikin Orang Lain Lebih Jaga Jarak

Oleh Liputan6.com pada 14 Jun 2021, 09:00 WIB
Diperbarui 14 Jun 2021, 09:00 WIB
FOTO: Kurangi PHK, Pemerintah Beri Kelonggaran Pegawai di Bawah 45 Tahun
Perbesar
Pegawai pulang kerja berjalan di trotoar Jalan Sudirman, Jakarta, Selasa (12/5/2020). Pemerintah memberi kelonggaran bergerak bagi warga berusia di bawah 45 tahun untuk mengurangi angka pemutusan hubungan kerja (PHK) akibat pandemi virus corona COVID-19. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Liputan6.com, Jakarta Imbauan memakai masker terus bergaung selama pandemi COVID-19. Siapa sangka, penggunaan masker juga membuat orang juga menjadi menjaga jarak. Dua aspek tersebut merupakan hal penting guna menekan penularan virus SARS-CoV-2.

Penelitian terbaru mengungkap bahwa terdapat satu lagi manfaat penggunaan masker. Dalam studi yang dilakukan profesir bidang komputer dari Universitas Padua, Massimo Marchiori, PhD rupanya ketika seseorang menggunakan masker maka orang lain di sekitarnya akan otomatis menjaga jarak. Hal ini tentu saja sangat membantu dalam mencegah penularan COVID-19.

Untuk mengetahui hal ini, dia membuat perangkat khusus berbentuk sabuk untuk melihat bagaimana seseorang menjaga jarak. Sabuk ini dilengkapi dengan kartu data, baterai, serta sensor untuk melihat jarak dengan orang lain.

Marchiori dan sejumlah partisipan penelitian menggunakan sabuk ini sambil berjalan ke lingkungan sekitar. Terdapat sekitar 12.000 kali pertemuan yang terjadi dengan orang lain seperti mengutip Washington Post. 

 

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Jaga Jarak 2 Kali Lipat

Berdasar percobaan tersebut, diketahui bahwa ketika partisipan penelitian tidak menggunakan masker, orang lain cenderung berada dalam jarak lebih dekat ketika berjalan. Sedangkan ketika menggunakan masker, orang lain bakal menjaga jarak hingga dua kali lipat.

Menggunakan masker dipandang Marchiori sebagai pengingat visual bagi orang lain untuk menjaga jarak. Hal ini disebutnya terjadi karena manusia sebagai makhluk sosial jadi teringat dengan bahaya yang mungkin muncul ketika berada dalam jarak yang dekat.

Penelitian tersebut menjadi bukti bahwa menggunakan masker bisa sangat bermanfaat pada masa-masa seperti ini. Oleh karena itu, hal ini tak boleh dilewatkan dan dikesampingkan.

 

 

Penulis: Rizky Wahyu/Merdeka.com

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Infografis Pakai Masker Boleh Gaya, Biar Covid-19 Mati Gaya

Infografis Pakai Masker Boleh Gaya, Biar Covid-19 Mati Gaya
Perbesar
Infografis Pakai Masker Boleh Gaya, Biar Covid-19 Mati Gaya (Liputan6.com/Triyasni)
Scroll down untuk melanjutkan membaca

Simak Juga Video Berikut

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya