Sukses

Studi Skotlandia: Vaksin AstraZeneca Tidak Sebabkan Penggumpalan Darah

Berikut penelitian terkait vaksin AstraZeneca vs penggumpalan darah.

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah studi mengenai efek samping setelah vaksinasi COVID-19 menggunakan vaksin AstraZeneca di Skotlandia menemukan bahwa sebagian besar tidak berbahaya, serta tidak ada kaitan dengan penggumpalan darah di otak.

Penelitian yang dipimpin profesor dari Universitas Edinburgh, Aziz Sheikh, dengan melacak kesehatan 5,4 juta orang di Skotlandia menemukan adanya satu kasus tambahan Idiopathic Thrombocytopenic Purpura (ITP) per 100.000 orang, yang terjadi usai menerima dosis pertama vaksin AstraZeneca.

ITP merupakan penyakit yang menyebabkan tubuh mudah memar atau berdarah, karena rendahnya jumlah sel darah merah (trombosit).

Namun, para peneliti menyebut bahwa ITP dapat diobati dengan berbagai kemungkinan gejala, dan tidak menyebabkan kematian di antara kohort (sekelompok subjek yang memiliki karakteristik yang sama) yang dipantau untuk penelitian ini, yang mencakup 1,7 juta penerima vaksin AstraZeneca.

 

Simak Video Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Hubungan yang Tidak Jelas Antara Vaksin AstraZeneca dan Dampaknya

Studi yang diterbitkan dalam jurnal Nature Medicine pada Rabu, 9 Juni 2021, menunjukkan, hubungan yang tidak jelas dengan pembekuan atau pendarahan arteri akibat vaksinasi menggunakan vaksin AstraZeneca.

Pun dengan pembekuan vena yang berpotensi mematikan di otak atau Cerebral venous sinus thrombosis (CVST), yang telah menimbulkan kekhawatiran di Eropa, khususnya Skandinavia, tidak terkait dengan vaksin AstraZeneca dalam analisis data.

Akan tetapi Aziz perlu menggarisbawahi bahwa kelangkaan kasus CVST membuat sampel data di Skotlandia mungkin terlalu kecil untuk menarik kesimpulan apa pun.

Hanya saja, Aziz, mengingatkan, vaksinasi lebih besar manfaatnya ketimbang risiko yang akan dihadapi penerimanya. 

Oleh sebab itu, Aziz mendorong siapa pun untuk tidak menolak undangan vaksinasi COVID-19. 

"Jangan tolak, terus maju," kata Aziz dikutip dari situs Channel News Asia pada Kamis, 10 Juni 2021.  

 

 

3 dari 4 halaman

Pembekuan Darah vs Vaksin AstraZeneca

Kasus jumlah trombosit yang rendah dalam kombinasi dengan pembekuan darah yang dilaporkan dalam beberapa minggu setelah menerima vaksin AstraZeneca telah mengakibatkan pembatasan penggunaan suntikan pada orang yang lebih muda di seluruh Eropa, termasuk beberapa yang menghentikannya untuk segala usia.

 

Namun, kini Badan Uni Eropa, serta MHRA, telah memertahankan bahwa manfaat dari menerima dosis penuh vaksin lebih besar daripada risiko yang ditimbulkan.

4 dari 4 halaman

Infografis 3 Vaksin dalam Program Vaksinasi COVID-19 Nasional Kantongi Izin WHO

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.