Sukses

Indonesia Dorong Komitmen Bersama Anggota APEC Wujudkan Keadilan Vaksin COVID-19

Indonesia mendorong komitmen bersama anggota APEC wujudkan keadilan vaksin COVID-19.

Liputan6.com, Jakarta Pemerintah Indonesia saat ini terus mendorong komitmen bersama dengan negara-negara anggota Asia Pacific Economic Community (APEC) demi mewujudkan keadilan vaksin COVID-19. Hal ini juga untuk wujudkan percepatan akses vaksin, obat-obatan, dan peralatan penunjang penanganan COVID-19.

Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Wiku Adisasmito mengatakan, komitmen bersama anggota APEC juga bertujuan memulihkan perekonomian dan pariwisata di tengah pandemi COVID-19.

"Upaya ini bertujuan untuk memulihkan perekonomian, perdagangan dan pariwisata di tingkat Asia Pacific. Serta demi mewujudkan keadilan vaksin bagi semua," kata Wiku di Media Center COVID-19, Graha BNPB, Jakarta pada Rabu (10/6/2021).

Vaksin COVID-19 sendiri sangat dibutuhkan dalam penanganan pandemi. Ini karena vaksin akan sangat efektif dalam mengendalikan pandemi COVID-19.

"Apabila pemberiannya diberikan secara masif, termasuk salah satunya melalui program vaksinasi massal," lanjut Wiku.

 

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Saksikan Video Menarik Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Akselerasi Program Vaksinasi COVID-19

Pemerintah Indonesia pun berkomitmen untuk mengakselerasi program vaksinasi COVID sembari terus berusaha untuk memenuhi ketersediaan vaksin COVID-19, baik yang bersumber dari luar negeri ataupun  produksi dalam negeri.

Dalam pelaksanaan program vaksinasi COVID-19, Pemerintah mendahulukan populasi yang memiliki risiko, seperti warga lanjut usia (lansia) dan pra lansia serta populasi kunci pembangunan nasional guru.

"Pemerintah pusat terus mendorong pemerintah daerah untuk terus melakukan peningkatan jumlah masyarakat yang menerima vaksin COVID-19," pungkas Wiku Adisasmito.

"Sehingga semakin banyak yang terlindungi, sekaligus meminimalisasi penularan yang terjadi di masyarakat."

3 dari 4 halaman

40,3 Juta Orang Indonesia Sudah Divaksin COVID-19

Berdasarkan data Vaksinasi COVID-19 Kementerian Kesehatan per 9 Juni 2021, masyarakat yang telah menerima vaksin COVID-19 sudah mencapai 40.349.049 orang. Data ini hingga pukul 18.00.

Jumlah sasaran di atas terdiri dari SDM kesehatan, lansia, dan petugas pelayanan publik.

Untuk total vaksinasi COVID-19 dosis pertama sudah mencapai 18.934.997 orang (46,93 persen) dan jumlah yang divaksin dosis kedua mencapai 11.455.920 orang (28,39 persen).

4 dari 4 halaman

Infografis Jangan Sampai Ada Gelombang Kedua Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.