Sukses

Cek Penerapan 3M, Ganip Warsito Blusukan ke Pasar Bitingan Kudus

Pastikan penerapan 3M berjalan, Ganip Warsito blusukan ke Pasar Bitingan, Kota Kudus, Jawa Tengah.

Liputan6.com, Kudus  Ketua Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Ganip Warsito ‘blusukan’ ke Pasar Bitingan, Kota Kudus, Jawa Tengah. Ia inhin mengecek penerapan 3M (memakai masker, mencuci tangan dengan sabun, jaga jarak) yang dilakukan di salah satu pusat jual beli di Kota Kretek tersebut.

Tatkala blusukan, Ganip Warsito meluangkan waktu untuk menyapa para pedagang dan pembeli sekaligus memberikan sosialisasi dan edukasi mengenai pentingnya 3M sebagai tonggak utama memutus mata rantai penularan COVID-19.

“Dipakai maskernya nggih, Bu,” ucap Ganip sambil menyapa beberapa pedagang yang mayoritas kaum perempuan di Pasar Bitingan, Kota Kudus, Jawa Tengah pada Kamis, 3 Juni 2021.

Selanjutnya, Ganip sempat membagikan masker kepada warga yang beraktivitas di lingkungan pasar. Usai berkeliling, ia mengaku puas.

Tak lupa, Ganip Warsito memberikan apresiasi positif atas pengelolaan kegiatan ekonomi di Pasar Bitingan yang telah mematuhi protokol kesehatan sesuai aturan Pemerintah dengan baik.

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Simak Video Menarik Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Apresiasi Pedagang Pasar Bitingan yang Pakai Masker

Melihat penerapan 3M di Pasar Bitingan, Kota Kudus, Ganip Warsito optimis, apabila hal itu dapat dilakukan secara konsisten, maka kasus COVID-19 dapat dikendalikan dan pemulihan ekonomi dapat segera dilakukan.

“Saya apresiasi karena pedagang-pedagang sudah mau menggunakan masker,” tandasnya dalam keterangan tertulis yang diterima Health Liputan6.com.

Komplek Wisata Makam Sunan Gunung Muria di Colo, Kabupaten Kudus.

Didampingi Bupati Kudus HM Hartopo, Ganip Warsito yang juga menjabat sebagai Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) berkeliling di lantai dasar Pasar Bitingan selama kurang lebih 15 menit.

Usai melakukan peninjauan penerapan protokol kesehatan di Pasar Bitingan, Ganip melanjutkan kegiatan dengan agenda yang sama di beberapa titik lokasi lain. Misal, Masjid Agung Menara Kudus dan Komplek Wisata Makam Sunan Gunung Muria di Colo, Kabupaten Kudus.

3 dari 4 halaman

Cek Zona Merah COVID-19 di Kudus

Sebelum mengunjungi Kota Kudus, Ganip Warsito sowan atau melakukan kunjungan ke Tuan Rumah Jawa Tengah--Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Kemudia menggeber langkah menuju ke zona merah di Kabupaten Kudus untuk melihat secara langsung permasalahan di lapangan, terkait adanya lonjakan kasus COVID-19 di ‘Kota Kretek’ tersebut.

Hal itu dilakukan sekaligus untuk memastikan, apakah yang selama ini sampai ke telinganya melalui berbagai sumber, termasuk pemberitaan media benar-benar terjadi di lapangan. Sehingga pihaknya dapat segera mengambil kebijakan yang tepat terkait penanganan COVID-19.

“Untuk melihat secara langsung, apakah apa yang disampaikan dalam berita itu sesuai dengan nyatanya atau tidak,” jelas Ganip dalam Rapat Koordinasi Penanganan COVID-19 di Gedung Pemda Provinsi Jawa Tengah, Rabu (2/6/2021).

Di sisi lain, Ganip juga memahami bahwa kasus yang dihadapi adalah permasalahan bersama. Oleh karena itu, Ganip beserta jajaran berkomitmen untuk membantu dan mendorong pemerintah daerah untuk mengendalikan kasus COVID-19 melalui berbagai langkah-langkah yang tepat dan terpadu.

“Kita akan dorong semoga penanganan COVID-19 ini menjadi lebih baik dan kasus dapat dikendalikan,” kata Ganip.

Ganip Warsito juga menyerahkan dukungan berupa Dana Siap Pakai (DSP) senilai Rp1 miliar kepada Pemerintah Kabupaten Kudus dan beberapa bantuan lain meliputi, tenda isolasi 2 buah, masker kain 20 ribu lembar, masker kain anak 10 ribu lembar, dan handsanitizer 20 jerigen dengan kapasitas 4 liter.

4 dari 4 halaman

Infografis 7 Tips Aman Belanja di Pasar Saat Pandemi Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.