Sukses

Hasil Tes MBTI Kim Bum dan Rye Hye Young Sama-sama INTJ, Ketahui Artinya

MBTI yang diikuti Kim Bum dan Rye Hye Young adalah tes yang membagi 16 tipe kepribadian

Liputan6.com, Jakarta - Dua pemeran utama drama Korea, Law School, Kim Bum (Han Joon Hwi) dan Ryu Hye Young (Kang Sol A) diketahui memiliki hasil tes kepribadian MBTI atau Myers-Briggs Type Indicator yang sama, yaitu INTJ.

Hal tersebut diketahui dari sebuah unggahan video di TikTok, berisi hasil wawancara Ryu Hye Young dan Kim Bum yang dilakukan secara terpisah.

Dalam potongan video yang diunggah akun @piscesee, Ryu Hye Young menjawab sebuah pertanyaan mengenai hasil MBTI yang pernah dia ikuti.

"INTJ," kata Ryu Hye Young.

"Tapi aku tidak tahu apa hasil itu cocok sempurna," lanjut aktris Korea yang pamornya melejit usai membintangi Reply 1988.

Setelah itu muncul potongan wawancara singkat yang memerlihatkan Kim Bum yang mengatakan bahwa hasil tes kepribadian MBTI dirinya adalah INTJ.

 

Simak Video Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Mengenai Tes MBTI yang Diikuti Kim Bum dan Ryu Hye Young

MBTI, seperti dikutip dari situs Mental Help pada Kamis, 3 Juni 2021, adalah tes pengukuran preferensi psikologi menggunakan kuesioner psikometri.

Preferensi ini diekstrapolasi (perluasan data di luar data yang tersedia) dari teori tipologi yang diajukan Carl Gustav Jung, dan pertama kali diterbitkan di dalam bukunya berjudul Psychological Types pada 1921.

Seiring berjalannya waktu, tes yang dirancang untuk mengategorikan individu berdasarkan cara berpikir dan bertingkah laku dikembangkan pasangan ibu-anak, Katharine C Myers Briggs dan Isabel Briggs, pada 1942.

Menurut penjelasan yang tertera di situs Myers Briggs, inti dari teori di dalam tes ini adalah bahwa banyak variasi acak dalam perilaku sebenarnya cukup teratur dan konsisten, karena perbedaan mendasar dalam cara individu menggunakan persepsi dan penilaian mereka.

Ibu-anak ini lalu membagi kepribadian seseorang dalam MBTI menjadi empat, yaitu:

Dunia favorit :

- Apakah orang tersebut lebih suka pada dunia luar, Extraversion (E), atau

- Dunia batin, Introversion (I)

Informasi :

- Apakah orang tersebut lebih suka pada informasi dasar yang akan diambil, Sensing (S), atau

- Lebih suka menafsirkan sesuatu, Intuition (N).

Keputusan :

- Saat membuat keputusan, apakah orang tersebut lebih suka melihat logika dan konsistensi terlebih dahulu, Thingking (T), atau

- Melihat keadaan orang sekitar, Feeling (F)

Struktur :

- Dalam menghadapi dunia luar, apakah lebih suka memutuskan sesuatu, Judging (J), atau

- Lebih suka terbuka terhadap informasi dan pilihan baru, Perceiving (P)

 

3 dari 3 halaman

16 Tipe Kepribadian

Ketika memutuskan preferensi di setiap kategori, Anda memiliki tipe kepribadian sendiri, yang dinyatakan sebagai kode dengan empat huruf.

Kode ini membentuk 16 tipe instrumen kepribadian yang ada di MBTI , yaitu:

1. ISTJ - ISFJ - INFJ - INTJ

2. ISTP - ISFP - INFP - INTP

3. ESTP - ESFP - ENFP - ENTP

4. ESTJ - ESFJ - ENFJ - ENTJ

Ada pun tujuan mengetahui tentang tipe kepribadian adalah guna memahami dan menghargai perbedaan di antara orang-orang, tulis situs tersebut. Sebab, semua tipe sama, tidak ada tipe terbaik.

Instrumen MBTI memilah preferensi dan tidak mengukur sifat, kemampuan, atau karakter. Alat MBTI berbeda dari banyak instrumen psikologis lainnya dan juga berbeda dari tes kepribadian lainnya.

Jadi, dapat ditarik kesimpulan bahwa Kim Bum dan Ryu Hye Young adalah orang yang suka menyediri (Introversion), suka menafsirkan sesuatu (Intuition atau N), ketika mengambil keputusan lebih suka memakai logika (Thingking), dan ketika menghadapi dunia luar lebih suka memutuskan sesuatu (Judging).

Kalian setuju?

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.