Sukses

Vaksin Sinovac Ampuh Tekan Kematian karena COVID-19 Hingga 95 Persen, Studi di Kota Brasil

Brasil mengumumkan kabar bahagia terkait penggunaan vaksin Sinovac di negara tersebut.

Liputan6.com, Brasilia - Vaksin Sinovac menunjukkan kemanjuran yang mengesankan dalam mencegah varian Virus Corona yang ditemukan Brasil.

Data terbaru menyebut bahwa kematian dan rawat inap yang disebabkan COVID-19 di Kota Serrana, di wilayah Ribeirao Preto, masing-masing turun sebesar 95 persen dan 86 persen dari Februari hingga April 2021, setelah hampir 60 persen penduduk di kota tersebut menerima suntikan vaksin Sinovac.

Ini adalah kesimpulan utama dari studi klinis efektivitas Project S, studi yang belum pernah terjadi sebelumnya di dunia yang dikoordinasikan Butantan Institute. Pusat penelitian ilmiah yang didanai negara dan mitra Sinovac di Brasil.

Menurut sebuah pernyataan yang diterima situs berita Global Times langsung dari perusahaan vaksin Corona asal China pada Selasa, 1 Juni 2021, diketahui bahwa populasi Serrana yang divaksinasi menggunakan CoronaVac juga memerlihatkan penurunan yang signifikan sebesar 80 persen dalam kasus-kasus yang bergejala.

Selama delapan minggu di antara bulan tersebut, kurang lebih 27.000 penduduk menerima dua dosis vaksin Sinovac, dengan jeda 28 hari antara dosis pertama dan kedua.

Menurut sensus kesehatan yang dilakukan Butantan, ini mewakili cakupan sekitar 95 persen dari populasi penduduk dewasa.

Lebih lanjut, Serrana secara total memiliki populasi sekitar 45 ribu, yang berarti tingkat vaksinasi selama studi Proyek S mendekati 60 persen.

Masih menurut pernyataan Sinovac, hasilnya datang dengan perbandingan data setelah vaksinasi Covid semua kelompok selesai, dan semua trimester dievaluasi.

 

Simak Video Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kesimpulan Penting

Hal menarik lainnya dari penelitian ini terkait insiden terjadinya COVID-19 di Serrana dibanding dengan kota-kota terdekat. 

Serrana tercatat memiliki sekitar 10 ribu penduduk yang bekerja di Ribeirao Preto setiap hari. Ribeirao Preto sendiri diketahui memiliki tingkat kasus COVID-19 tinggi. 

Namun, Serrana mampu memertahankan angka yang rendah jika dibandingkan kota-kota dengan profil serupa berkat program vaksinasi COVID-19 menggunakan Sinovac.

Keberhasilan program vaksinasi dikonfirmasi dengan penurunan jumlah orang yang terinfeksi Virus Corona, dan juga menunjukkan bahwa penduduk Serrana yang setiap hari berpindah dari satu kota ke kota lain tidak membawa peningkatan jumlah kasus yang relevan.

Proyek S merupakan tonggak penting dalam pemahaman tentang efektivitas vaksin COVID-19. Penggunaan CoronaVac atau vaksin Sinovac menyebabkan penurunan kasus COVID-19 yang signifikan dan tidak terbatas pada orang-orang yang menerima dua suntikan vaksin.

Hal ini menegaskan hasil uji klinis Fase III dan sejalan dengan anggapan bahwa vaksin tersebut mampu mengendalikan penularan virus jika digunakan dalam skala besar, kata Profesor Penyakit Menular di Universitas São Paulo, Esper Kallas, dalam sebuah konferensi pers pada Senin, 31 Mei 2021.

CoronaVac adalah vaksin Sinovac yang digunakan di Brasil berkat kerja sama Sinovac dengan Butantan Institute. Vaksin Sinovac menyumbang hampir 80 persen dari semua dosis yang diterapkan di Brasil, menurut Xinhua News Agency.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.